nusabali

Keswan Jembrana Gelar Pemeriksaan Massal Sapi Bali

  • www.nusabali.com-keswan-jembrana-gelar-pemeriksaan-massal-sapi-bali

NEGARA, NusaBali
Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan-Kesmavet) pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, menggelar pemeriksaan massal sapi Bali di Kecamatan Melaya, Jembrana, Selasa (11/8).

Dalam kegiatan yang dipusatkan di Banjar Kemoning, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana, ini ada 60 ekor sapi Bali ternak warga ataupun bantuan pemerintah yang dicek kesehatan sekaligus diberi layanan kesehatan gratis.

Dalam kegiatan yang berlangsung mulai sekitar pukul 09.00 sampai 12.00 Wita itu, seluruh sapi Bali yang dibawa warga ke lokasi pemeriksaan disemprot insektisida. Kemudian ada berbagai layanan kesehatan yang diberikan sesuai kondisi sapi. Seperti layanan vaksinasi Septicaemia Epizootica (SE), pemberian obat cacing, vitamin, dan kalsium. Di samping itu juga diberikan layanan menyangkut reproduksi, seperti inseminasi buatan atau kawin suntik dan induksi birahi.

“Total ada 60 sapi Bali yang diperiksa kesehatannya. Kami melayani dengan enam petugas kesehatan hewan dari kabupaten, kecamatan, dan petugas inseminasi buatan,” ucap Kepala Bidang Keswan-Kesmavet pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana drh I Wayan Widarsa, yang turun saat kegiatan pemeriksaan kesehatan sapi Bali di Kecamatan Melaya, Selasa kemarin.

Widarsa menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan sapi Bali ini juga akan berlanjut ke seluruh kecamatan se-Jembrana. Selain di Kecamatan Melaya, pemeriksaan kesehatan sapi Bali ini diawali di Kecamatan Pekutatan yang dipusatkan di Banjar Pasinggahan, Desa Medewi, Senin (10/8).

“Jadwal akan dilanjutkan tiap hari sampai Jumat nanti. Rabu besok (hari ini) kami jadwalkan untuk Kecamatan Negara di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru. Kemudian hari Kamis (13/8), Kecamatan Mendoyo di Banjar Pasar, Desa Yehembang. Terakhir hari Jumat (14/8), Kecamatan Jembrana di Banjar Dangin Berawah, Desa Perancak,” beber Widarsa.

Selain membantu para peternak sapi Bali, pemeriksaan kesehatan sapi ini juga bertujuan menjaga kelestarian sapi Bali. Seperti diketahui, dulunya populasi sapi Bali sempat hampir punah. Sementara saat ini, jumlahnya tergolong cukup tinggi di Jembrana, mencapai sekitar 30.000-an ekor. Sapi Bali yang semakin banyak ini diharapkan terus produktif, sehingga dapat lebih membantu perekonomian kalangan peternak sapi Bali. *ode

loading...

Komentar