nusabali

Jelang Galungan, Dokter Hewan Jadwalkan Pemeriksaan Ternak Babi

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-dokter-hewan-jadwalkan-pemeriksaan-ternak-babi

SINGARAJA, NusaBali - Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan yang juga berdekatan dengan Hari Raya Nyepi, Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menjadwalkan pemeriksaan hewan ternak khususnya babi. Tim pemeriksaan telah dibentuk sebanyak 15 orang dengan melibatkan dokter hewan di Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) di tiap kecamatan.

“Pemeriksaan ternak babi kami jadwalkan dengan tim yang dibentuk sebanyak 15 orang. Nanti tim akan disebar untuk melakukan pengecekan kesehatan sebelum dan sesudah dipotong. Pemeriksaan ini sama dengan saat Hari Raya Kurban,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Buleleng, Made Suparma, dikonfirmasi Rabu (21/2) siang.

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan itu untuk memastikan daging babi yang telah dipotong bebas penyakit sehingga aman dikonsumsi. Pemeriksaan ini akan dilakukan dengan cara pengambilan sampling di masing-masing kecamatan. Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan di rumah potong hewan (RPH) yang tersebar di kecamatan.

Pemeriksaan dilakukan mulai tahap ante mortem atau sebelum pemotongan, seperti pemeriksaan kesehatan babi dan kebersihan kandang babi. Dilanjutkan dengan pemeriksaan post mortem atau pasca pemotongan pada bagian jeroan dan daging babi. Daging babi yang sudah dipotong akan diperiksa kembali apakah memenuhi syarat untuk daging konsumsi dan terbebas dari berbagai macam penyakit hewan.

“Dokter hewan akan mengecek untuk memastikan ternak-ternak sehat. Takutnya ada kandungan cacing pita atau penyakit lainnya  Mudah-mudahan tidak ada babi yang terserang penyakit dan aman dikonsumsi," harapnya.

Di sisi lain, Dinas Pertanian Buleleng memprediksi mendekati Hari Raya Galungan harga per kilogram daging babi di tingkat peternak akan naik. Adapun saat ini harga babi mencapai Rp 37.000 - Rp 38.000 per kilogram di tingkat peternak. “Harga sempat naik dan turun lagi dari sebelumnya Rp 40.000 per kilogram. Kemungkinan karena banyak permintaan akan naik lagi,” ucapnya.

Suparma menyebut stok babi mencukupi kebutuhan untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan. Dari pendataan yang dilakukan pihaknya, jumlah kebutuhan diperkirakan mencapai 1.040 ekor sedangkan populasi babi di Buleleng saat ini mencapai sekitar 4.107 ekor.7 mzk

Komentar