nusabali

Pilkel Serentak 22 Desa di Klungkung, 8 Incumbent Tumbang

Digelar Saat Pandemi, Pilkel Terapkan Protokol Kesehatan

  • www.nusabali.com-pilkel-serentak-22-desa-di-klungkung-8-incumbent-tumbang

SEMARAPURA, NusaBali
Hasil mengejutkan terjadi dalam Pemilihan Perbekel (Pilkel) 2020 serentak 22 desa di Klungkung, Minggu (9/8).

Dari 19 incumbent yang kembali bertarung, 8 orang di antaranya tumbang. Adapun 8 kandidat incumbent yang bertumbangan dalam Pilkel 2020, tersebar di 3 kecamatan di Klungkung. Kondisi terparah terjadi di Kecamatan Dawan, di mana dari 7 incumbent yang bertarung, hanya 3 incumbent yang berhasil memenangkan Pilkel, yakni Kepala Desa (Perbekel) Paksebali, I Putu Ariadi, Perbekel Dawan Kelod I Nengah Suardita dan Perbekel Pesinggahan, I Nyoman Suastika.

Putu Ariadi kembali menangkan Pilkel Paksebali 2020 dengan perolehan 1.804 suara. Putu Ariadi unggul atas satu penantangnya, I Nyoman Suwikasna yang perolehan 825 suara. Sementara itu, Perbekel Dawan Kelod I Nengah Suardita meraih 1.165 suara, unggul dari satu penantangnya, I Wayan Widastra yang perolehan 561 suara. Perbekel Pesinggahan, I Nyoman Suastika memperoleh 2.321, unggul dari satu penantanganya, I Wayan Sudiarsana yang perolehan 112 suara.

Sementara 4 kandidat incumbent dalam Pilkel di Kecamatan Dawan yang tumbang adalah Perbekel Sulang, I Nengah Mudiasa (kalah dengan raihan 191 suara). Perbekel Sampalan Tengah, I Wayan Mudiarta (kalah dengan raihan 223 suara), Perbekel Sampalan Kelod, I Ketut Gede Winaya (kalah dengan raihan 197 suara) dan Perbekel Kampung Kusamba, Abdul Gafar (kalah dengan raihan 149 suara).

Sedangkan di Kecamatan Nusa Penida, dari 6 incumbent yang bertarung, hanya 3 orang yang berhasil memenangkan Pilkel 2020. Selebihnya, 3 incumbent lagi tumbang, yakni Perbekel Tanglad I Wayan Bangsa, Perbekel Batununggul, I Ketut Kurna, dan Perbekel Ped, I Ketut Karya.

Sebaliknya, dalam tarung Pilkel 2020 di Kecamatan Banjarangkan, dari 3 kandidat incumbent semuanya berjaya. Begitupula, dalam tarung Pilkel 2020 di Kecamatan Klungkung, dari 3 incumbent yang bertarung 2 incumbent berhasil menuai kemenangan. Sisanya, 1 kandidat new comer keluar sebagai pemenang.

Selain ditandai bertumbangannya 8 kandidat incumbent, Pilkel 2020 serentak 22 desa di Klungkung juga diwarnai kegagalan seorang Srikandi yang ikut bertarung. Srikandi yang tumbang tersebut, adalah Ni Luh Muliati (kalah dengan perolehan 282 suara) di Pilkel Jungutbatu, yang menantang figur incumbent I Made Gede Suryawan (menang dengan perolehan 1.681 suara).

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati, Made Kasta melaksanakan monitoring jalannya Pilkel Serentak se-Kabupaten Klungkung di sejumlah TPS di wilayah Klungkung Daratan, Minggu pagi. Dalam kegiatan ini turut serta Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Anom dan Wakil Ketua DPRD Cokorda Gede Agung, para Camat dimasing masing wilayah, Asisten, Staf ahli serta sejumlah kepala OPD terkait.

Dalam pantauan di lapangan seluruh TPS tampak telah melaksanakan protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo gun dan pemberian hand sanitizer kepada setiap pemilih saat memasuki area TPS, pemberian sekat pembatas menggunakan plastik transparan serta paku pencoblos yang selalu disterilkan usai digunakan mencoblos. Beberapa pemilih yang kedapatan hadir ke TPS tanpa menggunakan masker pun harus balik ke rumah karena dilarang petugas memasuki area TPS.

Bupati Suwirta menyampaikan apresiasinya karena Pelkel 2020 serentak telah berjalan dengan aman dan kondusif, serta telah diterapkannya protokol kesehatan dengan baik. “Mari awasi bersama-sama jalannya pemilihan perbekel ini supaya berjalan jujur dan adil, jaga situasi agar tetap kondusif dan siapapun pemenangnya nanti, dialah yang terbaik sesuai pilihan masyarakat,” harap Bupati Suwirta.

Pilkel serentak di Kabupaten Klungkung ini diikuti sebanyak 22 Desa. Untuk Kecamatan Klungkung ada 4 Desa, yakni Desa Kamasan, Gelgel, Jumpai dan Desa Tangkas. Kecamatan Banjarangkan diikuti oleh 4 Desa yaitu, Desa Timuhun, Tohpati, Tusan, dan Desa Takmung. Sementara di Kecamatan Dawan ada 7 Desa, yaitu Desa Sulang, Dawan Kelod, Sampalan Kelod, Paksebali, Pesinggahan, Sampalan Tengah, dan Kampung Kusamba. Sedangkan di Kecamatan Nusa Penida ada 7 Desa yang mengikuti Pilkel serentak yakni Desa Batukandik, Kutampi, Klumpu, Ped, Tanglad, Jungutbatu, dan Desa Batununggul. *wan

loading...

Komentar