nusabali

Pasar Galiran Kembali Dibuka Normal

  • www.nusabali.com-pasar-galiran-kembali-dibuka-normal

SEMARAPURA, NusaBali
Jam operasional Pasar Umum Galiran, Klungkung, akan dibuka kembali  normal 24 jam, mulai Sabtu (8/8) nanti.

Namun kernormalam ini dengan catatan para pedagang dan pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan.

Hal tesebut disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menggelar rapat koordinasi terbatas (Rakortas) dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Klungkung, di ruang kerja Bupati Klungkung, Selasa (4/8). Bupati Suwirta yang juga Ketua Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Klungkung, mengingatkan agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan di dalam pasar. Seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak antar pengunjung atau pedagang. "Selama dibuka normal, tingkatkan disiplin warga menggunakan masker dan jaga jarak," ujar Bupati Suwirta. Jelas Bupati, pernormalan jam buka pasar ini untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat dan para pedagang di Pasar Galiran Klungkung, agar bisa kembali dibuka 24 jam.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menugaskan Kepala UPT Pasar Klungkung, Komang Sugianta untuk memetakan kondisi lapangan dan pengawasan. Termasuk, melengkapi segala fasilitas pendukung, mulai dari tempat cuci tangan, dan lain-lain. "Untuk pengawasan tetap dilakukan dan disosialisasikan kepada pedagang dan pembeli dengan harapan agar warga tetap mematuhi protokol sehatan," imbuhnya.

Bupati Suwitra sempat mengambil keputusan untuk menutup sementara Pasar Umum Galiran di Kota Semarapura, karena kasus transmisi lokal Covid-19. Pasar Umum Galiran ditutup selama tiga hari, 22 - 24 Juni 2020 nanti. Selama itu pula, 1.500 pedagang setempat dirapid test secara massal. Pasalnya ada seorang pedagang yang positif Covid-19 hingga menularkan ke sejumlah pedagang dan keluarga yang bersangkutan.

Seiring berjalannya waktu pasca penelusuran massal lewat rapid test maupun swab, akhirnya penyebaran Covid-19 di Pasar Galiran kian terkendali.

Sehingga setelah ditutup selama tiga hari, Pasar Galiran di Kelurahan Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, mulai beroperasi pada Kamis (25/6) lalu. Jam operasional pasar dibuka 12 jam, dari pukul 06.00 Wita - 18.00 Wita. Sebelumnya, pasar ini dibuka 8 jam, dari pukul 07.00 Wita -17.00 Wita, ketika awal terjadi pandemi Covid-19 di Klungkung. "Kini sudah dibuka normal," kata Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Klungkung Wayan Ardiasa menambahkan, penyemprotan pasar dengan cairan disinfektan tetap dilakukan pada pagi hari dan sore hari, serta memantau penerapan protokol kesehatan di dalam pasar. *wan

loading...

Komentar