nusabali

Car Free Day di Niti Mandala dan Lumintang Diujicoba

Resmi Dibuka Kembali Pekan Depan

  • www.nusabali.com-car-free-day-di-niti-mandala-dan-lumintang-diujicoba

DENPASAR, NusaBali
Car free day (CFD) yang dihentikan hampir dua tahun karena pandemi Covid-19, akhirnya akan dibuka kembali pekan depan, Minggu (18/9).

Keputusan tersebut diberlakukan setelah Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar melakukan ujicoba CFD pada Minggu (11/9).  Kepala Dishub Kota Denpasar I Ketut Sriawan, mengungkapkan CFD kembali dibuka atas beberapa pertimbangan. Di antaranya permintaan masyarakat khususnya komunitas pesepeda dan komunitas lainnya agar CFD bisa kembali dibuka, supaya mereka bisa beraktivitas dan berolahraga seperti sebelum pandemi.

Sriawan menambahkan, tujuan Pemkot adalah menjadikan Kota Denpasar sebagai kota sehat dan kota go green. Selain itu, situasi pandemi Covid-19 juga sudah semakin melandai dan Denpasar sudah masuk zona hijau, yang membuat pihaknya memilih untuk melakukan ujicoba CFD, kemarin.

Kawasan CFD yang diujicoba pada Minggu kemarin ada di dua lokasi, yakni kawasan Niti Mandala di Jalan Raya Puputan dan kawasan Lumintang di Jalan Gatot Subroto, Denpasar.

“Kami sekarang lakukan uji coba sementara di dua tempat yakni Niti Mandala dan Lumintang. Kami buka kembali karena animo masyarakat dan permintaan komunitas khususnya komunitas pesepeda,” ucap Sriawan.

Sriawan mengatakan, pihaknya akan membuka resmi CFD pada Minggu (18/9). Masyarakat yang ingin berolahraga maupun melakukan aktivitas saat diberlakukannya CFD sebelum pandemi, sudah bisa melakukannya kembali. Namun, Sriawan menegaskan, masyarakat harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jangan sampai, adanya CFD ini justru kembali menjadi pemicu penambahan kasus Covid-19 di Denpasar.

“Di samping itu kan di beberapa daerah seperti Jakarta, di Singaraja, juga sudah buka. Jadi, kami kembali juga berikan fasilitas untuk warga Kota Denpasar,” imbuh Sriawan.

Menurutnya, untuk CFD ini pihaknya mengerahkan sebanyak 60 personel, dibarengi unsur TNI/Polri, Linmas, Pecalang, dan dibantu Desa Adat Tanjung Bungkak. *mis

Komentar