nusabali

Karya di Pura Gelap Hanya Sehari

  • www.nusabali.com-karya-di-pura-gelap-hanya-sehari

SEMARAPURA, NusaBali
Karya Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem,  hanya berlangsung sehari, bertepatan Purnama Karo pada Soma Umanis Tolu, Senin (3/8) ini.

Pada Saniscara Wage Kulantir, Sabtu (1/8),  dilaksanakan prosesi nedunang pralingga Ida Bhatara serangkaian karya setiap tahun sekali ini.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Wakil Bupati I Made Kasta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, para Asisten, sejumlah kepala OPD dan pegawai di lingkungan Pemkab Klungkung, ikut menghadiri prosesi. Panitia Karya, Dewa Ketut Soma mengatakan karya ini sebagai wujud bakti umat kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai penguasa alam semesta yang berstana di Pura Gelap. Karya juga untuk memohon anugerah-Nya dalam menjaga keseimbangan alam. ‘’Karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19 maka pelaksanaan karya berbeda dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Ida Batara yang biasanya nyejer selama tiga hari, pada karya tahun ini hanya sehari. Tetap dengan protokol kesehatan,” ujar Dewa Soma, Minggu (2/8).

Prosei Karya diawali dengan Nedunang Pralingga Ida Bhatara, lanjut Mapepada Wewalungan pada Redite Kliwon, Minggu (2/8). Puncak Karya pada Soma Umanis Tolu, Senin (3/8) ini. Selanjutnya, karya langsung disineb pada Anggara Paing, Selasa (4/8) besok. Karya Aci Pangenteg Jagat rutin dilaksanakan Pemkab Klungkung setiap Rahina Purnama Karo. Karena Kabupaten Klungkung selaku pangemong Pura Gelap. Prosesi Nedunang Pralingga Ida Bhatara dipuput pamangku pamucuk di Pura Gelap.  *wan

loading...

Komentar