nusabali

Dukung Go-Green, Masyarakat Dihimbau Gunakan Water Heater Solar

  • www.nusabali.com-dukung-go-green-masyarakat-dihimbau-gunakan-water-heater-solar

DENPASAR, NusaBali.com
Bisa menghemat uang dan menjaga kelestarian lingkungan menjadi impian orang-orang modern saat ini. Termasuk dalam hal teknologi. Banyak orang cenderung memilih teknologi yang lebih praktis seperti pemanas air.

Pemanas air bisa sangat menguntungkan baik dari segi waktu maupun dari segi kepraktisan. Tidak semua pemanas air memiliki sistem yang ramah terhadap lingkungan. 

Salah satu pemanas air yang memiliki sistem ramah lingkungan adalah solar water heater atau pemanas air tenaga surya. Dalam bekerja, alat ini menggunakan sinar matahari untuk memanaskan air yang ada dalam tangki. Air ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Solar water heater dianggap ramah lingkungan karena tidak menghasilkan proses pembakaran yang mencemari lingkungan seperti asap atau sisa pembakaran lainnya yang berbahaya. Di samping itu, cahaya matahari adalah sumber energi yang melimpah ruah. Berbeda dengan pemanas air elektrik yang sangat boros dengan biaya listrik. Sedangkan water heater solar ini tidak membutuhkan biaya bahan bakar. 

Keuntungan Menggunakan Water Heater Solar

1. Lebih Aman 
Pemanas air tenaga matahari bisa dibilang jauh lebih aman jika dibandingkan dengan pemanas air yang menggunakan tenaga listrik ataupun gas. Jika menggunakan pemanas air dengan tenaga listrik maka ada resiko konsleting. Jika hal seperti ini tidak segera diperbaiki dan diketahui maka konsleting bisa terjadi dan menyebabkan kematian atau cacat. 

2. Masa Penggunaan Lebih Lama 
Masa penggunaan pemanas air tenaga surya bisa jauh lebih lama dibandingkan dengan pemanas air yang menggunakan tenaga listrik atau tenaga gas. Pada umumnya, pemanas air tenaga surya bisa bertahan selama 7 hingga 15 tahun. Agar tetap awet, lakukan perawatan secara rutin dan lakukan koreksi jika memang dibutuhkan. 

3. Hemat Tenaga 
Seperti yang sudah dibahas di awal, keunggulan water heater solar sangat menghemat tenaga atau energi. Karena alat ini menggunakan bahan utama cahaya matahari yang merupakan sumber tenaga alam yang bisa terus diperbarui. Berbeda dengan listrik dan tenaga gas yang akan habis jika terus menerus digunakan. Karena pemanas air ini menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi maka biaya bulanan tidak akan membengkak akibat listrik atau gas. 

4. Ramah Lingkungan 
Pemanas air tenaga matahari tidak menghasilkan gas karbondioksida atau polutan negatif lainnya. Ini karena cahaya matahari adalah bahan alami yang menjadi sumber daya dari alat ini. Gas karbondioksida (yang biasanya dihasilkan oleh pemanas air tenaga listrik atau gas) bisa sangat berpengaruh negatif untuk manusia dan alam sekitarnya. 

5. Bisa Digunakan dalam Berbagai Cuaca 
Water heater solar bisa digunakan dalam berbagai cuaca, bahkan ketika sedang mendung sekalipun. Bahkan ketika musim hujan, anda tetap bisa menikmati air panas karena proses pemanasan air dilakukan secara otomatis ketika ada cahaya matahari yang kemudian air panas akan diakumulasi ke dalam tangki yang bisa menjaga air panas dalam jangka waktu yang jauh lebih lama. 

Fakta Tentang Water Heater Solar


Cara Kerja Water Heater Solar
Secara umum, ada 2 jenis prinsip kerja water heater solar yaitu

1. Direct 
Pemanas air tenaga surya jenis “direct system” dimana air yang masuk ke dalam tangki sama dengan air yang dipanaskan dan digunakan oleh konsumen. Cara kerjanya adalah air dingin masuk ke dalam tangki dan mengisi ke dalam pipa tembaga menuju ke kolektor. Setelah itu, kolektor akan menerima cahaya matahari dan menyalurkannya ke dalam air yang ada pada pipa tembaga. Karena berat jenis air panas lebih ringan daripada air dingin maka air panas akan selalu berada pada bagian atas tangki.

2. Indirect 
Ada 2 lapisan dalam tangki yaitu 

- Tangki bagian dalam 
Merupakan tempat air yang telah dipanaskan serta air dingin yang akan dipanaskan melalui tangki bagian luar (heat exchanger).

- Tangki bagian luar (heat exchanger)
Merupakan tempat dimana air panas hasil penyerapan energi matahari disimpan. 

Cara kerjanya yaitu heat exchanger yang telah mendapatkan panas dari energi matahari kemudian mentransfer energi panasnya masuk ke dalam tangki bagian dalam hingga panas. 


Hegel Solar, Penyedia Pemanas Air Tenaga Surya 

Hegel Solar merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pemanas air tenaga surya. Hegel Solar banyak dipercayai oleh kost, kontraktor, hotel hingga rumah pribadi untuk memenuhi kebutuhan banyak orang terhadap air hangat. Hegel Solar telah eksis dalam waktu yang cukup lama dalam bidang pemanas air di Indonesia. 

Jika anda sedang mencari penyedia water heater solar yang profesional dan mengedepankan layanan after sales service-nya, Hegel Solar mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Harga pemanas air tenaga surya di Hegel Solar sangat bervariasi tergantung volume dari bak penampung. Meskipun demikian, anda bisa mendapatkan harga spesial jika menghubungi pihak Hegel Solar secara langsung. 

FAQ

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli water heater solar? 
- Kapasitas yang sebaiknya sesuai dengan kebutuhan, tipe yang akan dipilih, tingkat efisiensinya dan harga serta biaya perawatan yang dibutuhkan. 

Apa saja kegunaan water heater solar?
- Untuk memasak air (memnuhi kebutuhan minum), untuk kebutuhan mandi, atau  untuk memenuhi kebutuhan produksi (pabrik-pabrik). 

*Konten ini ditulis oleh Core Freelancers, partner Jasa SEO & digital marketing anda

loading...

Komentar