nusabali

Terjun di Buleleng Putri Koster Edukasi Pencegahan Covid-19

  • www.nusabali.com-terjun-di-buleleng-putri-koster-edukasi-pencegahan-covid-19

SINGARAJA, NusaBali
Gerakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 terus diupayakan pemerintah daerah. Tak terkecuali Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ni Putu Putri Suastini (Ny Putri Koster) secara berkesinambungan terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai bahaya Virus Corona (Covid-19) yang menyebabkan gangguan pada pernapasan hingga dapat menyebabkan penderitanya meninggal dunia itu. 

Putri Koster terjun di Desa Anturan, Kecamatan/ Kabupaten Buleleng, Sabtu (11/7) memberikan edukasi dan sosialiasi bahaya dan pencegahan penyakit mematikan yang melanda dunia itu. "Seluruh masyarakat Bali diminta untuk lebih waspada dan disiplin menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan, apalagi saat ini tatanan kehidupan era baru sudah mulai aktif," ujar Putri Koster.

Dalam edukasi dan sosialiasi kemarin istri Gubernur Bali, Wayan Koster, ini juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga Banjar Suka-Duka Batur, Desa Anturan, Kecamatan Buleleng.

Putri Koster saat turun mengedukasi masyarakat menegaskan Krama Bali tetap harus produktif. "Harus kembali produktif. Namun agar tetap aman dari Covid-19 hendaknya senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau tidak pernah meninggalkan hand sanitizer yang berbasis alkohol jika bepergian keluar rumah, dan menggunakan masker dengan baik (menutup hidung hingga dagu) serta menerapkan etika batuk/ bersin. Selain itu, usahakan mengkonsumsi gizi seimbang (memasak daging hingga matang), rajin berolahraga, cukup istirahat dan menghindari stres," beber Putri Koster.

Putri Koster mengingatkan pentingnya menggunakan masker dalam berkegiatan, mengingat saat ini warga sudah kembali bebas untuk beraktivitas. "Kondisi ini mengharuskan kita lebih waspada terhadap diri kita sendiri, terutama bagi pemilik penyakit bawaan dalam tubuh. Dan  yang lanjut usia, usahakan untuk tidak keluar rumah karena memiliki sifat lebih rentan untuk menerima virus bagi tubuhnya," tegas seniman kelahiran Desa Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat ini.

Dalam penyerahan bantuan kemarin sebanyak 77 kepala keluarga di Banjar Suka-Duka Batur, Desa Anturan, Kecamatan Buleleng menerima paket berisi 2 bungkus minyak, 1 gula pasir, dan 10 kg beras. Selain itu, juga diserahkan 1.000 masker, kalender dan leaflet bagi warga.

Plt Ketua TP PKK Buleleng, Ny Wardhany Sutjidra, menambahkan, tatanan kehidupan era baru sudah dimulai, namun penerapan protokol kesehatan sangat penting karena penularan Covid-19 melalui cairan erosol/ droplets (cairan yang keluar dari mulut dan hidung) sangat cepat bereaksi. "Sehingga untuk tetap terhindar dari penularan Covid-19 maka kita semua wajib membersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun, makan yang cukup, minum air yang banyak dan olah raga serta memotong kuku secara rutin menjadi hal utama yang harus diperhatikan dengan khusus," ujar istri Wakil Bupati Buleleng, dr Nyoman Sutjidra ini.

Kepala Desa Anturan, Ketut Suka, mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian dan bantuan sembako yang diberikan, dan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warganya. Putri Koster usai acara sosialisasi kemarin mengatakan hingga saat ini, sudah sebanyak 410 ton beras dan 103.000 masker yang disalurkan oleh TP PKK kepada warga terdampak Covid-19, yang tidak masuk ke dalam daftar penerima bantuan dari pemerintah.

Kegiatan kemarin dilakukan sebagai bentuk kepedulian Tim Penggerak PKK sehingga gotong royong di tengah masyarakat dapat kembali dibangun dan diaktifkan, karena semuanya adalah warga Bali yang senasib sepenanggungan. "Selain itu, segenap aktivitas dan tanggung jawab yang dimiliki harus dilakukan dengan senang hati serta tulus ikhlas, sehingga kita semua akan bekerja tanpa beban dan imun tubuh akan meningkat. Dengan demikian, virus tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh kita," pungkas  Putri Koster. *nat

loading...

Komentar