nusabali

Putri Koster Dorong Bunga Kasna Dijual di Kios Pura Besakih

  • www.nusabali.com-putri-koster-dorong-bunga-kasna-dijual-di-kios-pura-besakih

DENPASAR, NusaBali
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster melakukan peninjauan ke area kios Dekranasda yang bertempat di area Wiyata Graha-Manik Mas, Besakih, Karangasem,  pada Kamis (13/4).

Putri Koster berharap bunga khas Karangasem, Bunga Kasna, bisa dijual di kios-kios Pura Besakih. Putri Koster menyampaikan, bahwa Pemerintah Provinsi Bali meminta Dekranasda Provinsi Bali untuk menata dua kios dalam menampilkan produk kerajinan yang berciri khas Karangasem yang dikelola oleh UMKM Karangasem.

“Jadi sebagai Ketua Dekranasda saya dengan Bapak Kadisperindag Provinsi Bali meluangkan waktu untuk meninjau dua kios yang diberikan kepada Dekranasda, nantinya kios ini akan diisi dengan produk-produk sandang dan kerajinan handicraft khas Karangasem, seperti songket, endek, gringsing ataupun anyaman khas Karangasem," ucapnya.

Lebih lanjut, Bunda Putri sapaan akrabnya mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan perencanaan terhadap desain interiornya sehingga dua kios tersebut menjadi contoh primer dalam menampilkan produk-produk karya masyarakat Karangasem.

“Dari sini saya minta agar pengrajin dan UMKM Karangasem menjadi tuan di rumahnya sendiri," tandasnya. Bunda Putri juga menyampaikan keinginannya untuk memperkenalkan Bunga Kasna yang merupakan maskot Kabupaten Karangasem kepada masyarakat yang berkunjung ke Pura Besakih.

Para pedagang-pedagang nantinya dapat menjual Bunga Kasna di setiap kiosnya, sehingga ada suatu pemikiran dari masyarakat bahwa jika belum membeli Bunga Kasna maka belum ke Besakih.

“Astungkara semoga harapan-harapan baik kita semua dapat terealisasi, tentunya dengan kerjasama yang baik antara Pemerintah dengan masyarakat, demi peningkatan ekonomi yang positif di masyarakat," pungkas Bunda Putri.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Putri juga melakukan peninjauan ke kios-kios pedagang lainnya, dengan menyelipkan edukasi kepada para pedagang terkait endek, songket dan lainnya. *cr78

Komentar