nusabali

Klub Jawa Main di Kandang Sendiri

PSSI Siap Lanjutan Kompetisi Liga 1

  • www.nusabali.com-klub-jawa-main-di-kandang-sendiri

JAKARTA, NusaBali
Dalam usaha melanjutkan kembali Kompetisi Liga 1 2020, PT LIB membuka peluang klub-klub Pulau Jawa bermain di kandangnya sendiri.

Opsi itu disampaikan PT Liga Indonesia Baru (LIB) kepada para klub-klub setelah menggelar pertemuan dengan para petinggi PSSI, Kamis (9/7).

Dengan putusan itu, tim-tim seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, ataupun PSIS Semarang dapat memainkan laga kandangnya tanpa menjalani laga di venue netral. Jika terlaksana, opsi ini berbeda dengan yang sempat direncanakan sebelumnya. PSSI sebelumnya ingin kompetisi dipusatkan di Pulau Jawa dengan Yogyakarta sebagai lokasi pilihan.

"Kompetisi dilanjutkan sesuai dengan format lama. Jadi, tiga pekan yang berjalan dilanjutkan ke pekan keempat sampai ke pekan 34 nanti. Yang berubah terkait dengan home base, yang luar Jawa dikonsentrasikan di Jawa homebasenya, Insyaallah di daerah Yogyakarta dan sekitarnya," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, kepada wartawan.

"Kalau klub Jawa home base-nya bisa di markas sendiri, tetapi tidak menutup kemungkinan karena situasi pandemi di wilayahnya, bisa pindah home base ke lokasi lain," kata Sudjarno.

"Kalau misalnya Persebaya ikut (berkandang) di sana (Surabaya) mungkin belum bisa, mereka bisa mencari home base, misalnya nanti Sidoarjo, Madiun atau di mana, bisa juga," ujar Sudjarno.

Opsi terkait lanjutan Liga 1 2020 ini sudah disosialisasikan kepada para peserta melalui surat resmi PT LIB yang dikirimkan hari ini, Jumat (10/7). Nantinya PT LIB akan membuat rilis lanjutan jika sudah ada keputusan resmi.

PT LIB akan menggelar workshop dengan para klub sebelum kompetisi dimulai. Kesempatan itu akan digunakan untuk mengenalkan format kompetisi, masalah teknis, hingga protokol kesehatan.

"Terkait dengan protokol, nanti ada workshop sendiri dengan medical workshop. Mungkin dua kali untuk meyakinkan bagaimana protokol kesehatan itu selama pertandingan bisa terjaga dengan baik," kata tutur Sudjarno. *

loading...

Komentar