nusabali

Daftar Ulang PPDB, Sekolah Terapkan Protokol Kesehatan

  • www.nusabali.com-daftar-ulang-ppdb-sekolah-terapkan-protokol-kesehatan

AMLAPURA, NusaBali
SMPN 1 Selat, Karangasem memberlakukan protokol kesehatan bagi calon siswa baru saat daftar ulang PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), Selasa (7/7).

Sebelum mendaftar, siswa wajib cek suhu, memakai masker, dan jaga jarak. Baik siswa baru maupun yang mengantar wajib menjalankan protokol kesehatan. Siswa wajib antre mendaftar untuk menghindari kerumunan.  

Kasek SMPN 1 Selat, I Nengah Sikiarta, mengatakan pada tahun ajaran 2020/2021 merekrut 152 siswa terbagi 5 rombongan belajar. MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) secara online. Daerah yang tidak memungkinkan memberlakukan secara online, materi dikerjakan manual karena banyak siswa yang berasal dari daerah belum terjangkau internet. Terpisah, Kasek SMPN 2 Rendang, Karangasem, Ketut Suparjana, telah mengumumkan sebanyak 237 siswa yang direkrut terbagi 8 rombongan belajar.

Ditegaskan, siswa daftar ulang secara online menggunakan program google form. “Siswa yang tidak terjangkau internet bisa datang ke sekolah, teknis pendaftarannya dituntun guru tetap gunakan google form,” jelas Ketut Suparjana. Rencananya MPLS dilaksanakan dari tanggal 13-18 Juli juga secara online. Bagi siswa yang tidak terjangkau internet agar datang ke sekolah bersama orangtuanya mengambil materi MPLS untuk dikerjakan di rumah. Di akhir pelaksanaan MPLS, siswa wajib setor tugas-tugas yang didapatkan selama MPLS. “Arahan dari Disdikpora memberlakukan online mulai dari pendaftaran siswa baru, pengumuman, daftar ulang, MPLS, dan pembelajaran,” jelas Ketut Suparjana.

Kadisdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengatakan teknis pembelajaran diserahkan ke sekolah masing-masing. "Jika memungkinkan memberlakukan online, silakan, jika tidak memungkinkan, siswa diberi tugas dikerjakan manual. Tugas-tugas yang dikerjakan disetorkan ke sekolah,” jelas I Gusti Ngurah Kartika. Disebutkan, dari 362 SD menamatkan 7.378 siswa. Daya tampung di seluruh SMP di Karangasem sebanyak 7.388 siswa. Hanya di 3 kecamatan kelebihan siswa baru sesuai zonasi yang diberlakukan. Kelebihan siswa di wilayah kecamatan nantinya dialihkan ke SMP Negeri Satu Atap atau ke sekolah swasta. *k16

loading...

Komentar