nusabali

Berawal Musibah Meninggalnya Sejumlah Warga Secara Beruntun

  • www.nusabali.com-berawal-musibah-meninggalnya-sejumlah-warga-secara-beruntun

Pamangku Pura Prajapati, Jro Mangku Nyoman Sujana, sempat tiga kali mimpi aneh yang sama: Gegumuk Ageng di areal Setra Desa Pakraman Bunutin meledak tanpa sebab

Krama Desa Pakraman Bunutin, Kecamatan Bangli Nangiang Tapakan Barong di Pura Dalem Pemuhuman


BANGLI, NusaBali
Krama Desa Pakraman Bunutin, Kecamatan Bangli nangiang (membuat) Tapakan Ratu Gede Barong Ket dan Tapakan Rangda. Selanjutnya, kedua tapakan tersebut diupacarai Pasupati di Pura Dalem Pemuhuman pada Sukra Wage Kuningan, Jumat (16/9), dilanjut ritual Ngereh di Setra Desa Pakraman Bunutin malam harinya. Nangiang Tapakan Ratu Gede Barong Ket dan Tapakan Rangda ini dilaksanakan menyusul peristiwa aneh musi-bah meninggalnya warga secara beruntun.

Proses nangiang Ratu Gede Barong Ket dan Tapakan Rangda yang dilanjut upacara Pasupati dan Ngereh sehari sebelum hari Raya Kuningan ini dilaksanakan krama pange-mpon Pura Dalem Pemuhuman dari tiga banjar adat di Desa Pakraman Bunutin, masing-masing Banjar Dukuh, Banjar Bunutin, dan Banjar Selati. Bendesa Pakraman Bunutin, I Ketut Nada, mengisahkan jauh sebelumnya di Pura Dalem Pemuhuman memang ada Tapakan Ratu Gede Barong Ket dan Tapakan Rangda. Sebagai buktinya, hiasan depan Tapakan Ratu Gede Barong Ket masih ditemukan di Pura Dalem Pemuhuman.

“Karena pernah ada, makanya Tapakan Ratu Gede Barong Ket ketangiang,” ungkap Ketut Nada kepada NusaBali dis ela prosesi ritual Pasupati Tapakan Ratu Gede baronmg Ket dan Tapakan Rangda di Pura Dalem Pemuhuman, Jumat lalu.

Setelah ketangiang, lanjut Ketut Nada, kemudian digelar upacara Pasupati dan Ngereh (mintonin) Tapakan Ratu Gede Barong Ket dan Tapakan Rangda di Setra Desa Pakraman Bunutin, Jumat tengah malam. Saat ritual Ngereh itulah terjadi kejadian gaib, antara lain, terdengar alunan suara kuuk dan kilatan cahaya menuju Gegumuk Ageng di Setra Desa Pakraman Bunutin.

Terungkap, jauh sebelum dilakukan nangiang Tapakan Ratu Gede Barong Ket dan Tapakan Rangda, sempat terjadi peristiwa aneh di Desa Pakraman Bunutin. Di antaranya, terjadi kabrebehan (musibah) yang ditandai meninggalnya beberapa  warga secara beruntun dalam rentang waktu 10 hari. Kabrebehan itu terjadi setelah dilaksanakannya prosesi Ngaben Massal di Desa Pakraman Bunutin, September 2015 silam.


SELANJUTNYA . . .

Komentar