nusabali

Ini Dia Tarif Rapid Test di Berbagai Fasilitas Kesehatan Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-ini-dia-tarif-rapid-test-di-berbagai-fasilitas-kesehatan-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Sejak pandemi Covid-19, istilah rapid test dan swab test menjadi familiar. Kedua jenis tes ini menjadi acuan dalam menentukan apakah seseorang tertular Covid-19 dan perlu menjalani karantina.

Selain dilakukan secara kolektif oleh pemerintah, kedua tes ini, utamanya rapid test, juga bisa dilakukan secara mandiri di beberapa pusat layanan kesehatan tertentu. 

Sebagaimana penelusuran NusaBali terhadap beberapa layanan kesehatan yang menyediakan rapid test, terdapat beberapa macam tarif yang dikenakan oleh fasilitas kesehatan.  Sayang saat ini Puskesmas sudah tidak melayani rapid test yang sebelumnya sempat dibuka secara gratis dan hanya perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 15.000. 

Namun, layanan ini sudah tidak tersedia. Seperti Puskesmas I Denpasar Barat, sebelum tanggal 8 Juni lalu, sempat menyediakan layanan rapid test, yang melayani khusus untuk pegawai yang di-PHK dan anggota TNI. Puskesmas lain, seperti Puskesmas I Denpasar Timur, masih menyediakan rapid test namun khusus untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) PMI, ODP, dan PDP.

Saat ini rapid test tersedia di klinik dan rumah sakit. Di Bali Royal Hospital (BROS), layanan rapid test tersedia pada pukul 09.00-14.00 dengan harga Rp 415.000, dan hasil tesnya bisa didapatkan langsung 1-2 jam setelah tes.  Di Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu, rapid test tersedia setiap hari selama 24 jam dengan harga Rp 370.000 dengan hasil yang didapat setelah 30-45 menit.

Di Rumah Sakit Surya Husadha, layanan rapid test tersedia dalam dua shift, antara pukul 08.00-13.00, dan sore pada pukul 16.00-21.00. Untuk melakukan rapid test di Rumah Sakit Surya Husadha, diperlukan biaya sebesar Rp 500.000 dengan tes yang hasilnya dapat diambil setelah 2 jam. 

Sementara itu, di RSUD Wangaya, menyediakan rapid test dengan kisaran harga Rp 350.000-Rp 400.000 yang tersedia selama 24 jam, namun tidak terbuka untuk umum, melainkan untuk warga yang sudah terpapar. Di RSAD Udayana, layanan ini tersedia 24 jam dari hari Senin-Jumat, dengan harga tes yaitu Rp 450.000 yang hasilnya didapat setelah 3 jam. 

Di Klinik Penta Medica, layanan rapid test tersedia dengan harga Rp 315.000 dengan hasil yang cukup cepat, yakni 25 menit. Layanan ini tersedia dari pukul 8.00 pagi hingga 20.00. Sejauh ini, Klinik Penta Medika telah melayani rapid test untuk lebih dari 120 warga yang dibagi dengan 2 orang dokter.

Klinik lainnya, yaitu Klinik Utama Quantum, menyediakan rapid test dengan proses yang berlangsung selama 4 jam dari pengambilan sampel hingga hasil didapat, dengan harga Rp 420.000. Harga-harga yang disebutkan di atas, telah termasuk biaya administrasi dan konsultasi dokter umum.

Klinik lainnya yang juga menyediakan rapid tes, yaitu Laboratorium Klinik Prodia, dengan dua jenis harga, yaitu Rp 350.000 yang hanya untuk rapid test, dan Rp 2.000.000 yang merupakan paket lengkap dengan paket rontgen, konsultasi dokter, pengambilan darah untuk dua kali rapid test, dan pengambilan protein. 

Di sisi lain, memang fasilitas kesehatan di Denpasar saat ini hanya terbatas pada rapid test, namun layanan untuk tes swab (PCR) terdapat di RS Udayana Jimbaran. Di RS Udayana Jimbaran, terdapat rapid test seharga Rp 350.000 yang tersedia di hari Senin-Jumat, dengan hasil yang didapat setelah 3-4 jam. Namun untuk rapid test, khusus tersedia bagi warga yang memiliki gejala. 

Sementara untuk layanan swab test bisa diakses oleh masyarakat umum dengan membuat janji terlebih dahulu. Harga untuk swab test bervariasi, mulai dari Rp 900.000 di hari kerja (Senin-Jumat) dan Rp 1.000.000 di akhir minggu. Hasil tes swab bisa didapat dalam waktu 1-2 hari. *cr74

Komentar