nusabali

Pohon Lamtoro Tumbang, Sempat Tutup Akses Singaraja-Denpasar

  • www.nusabali.com-pohon-lamtoro-tumbang-sempat-tutup-akses-singaraja-denpasar

Dahan pohon Lamtoro berdiameter 80 cm dan panjang sekitar 6 meter, tiba-tiba roboh dan terlepas dari induk pohon, melintang menutup badan jalan.

SINGARAJA, NusaBali

Akses jalan Singaraja-Denpasar, kilometer 8, wilayah Banjar Dinas Dukuh, Lingkungan Lumbanan, Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Buleleng, sempat tersendat akibat dahan pohon tumbang menutupi badan jalan Selasa (16/6) pukul 15.00 Wita. Sejumlah kendaraan dari dua arah terpaksa bersabar menunggu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng. Petugas BPBD dibantu personel Polsek Sukasada dan masyarakat setempat mengevakuasi dan membersihkan dahan pohon itu.

Beruntung saat kejadian tidak ada kendaraan melintas di jalan. Peristiwa itu dipicu usia pohon di pinggir jalan sisi barat itu, sudah tua. Dahan pohon yang roboh ke jalan itu juga dalam kondisi lapuk. Kepala Pelaksana Harian BPBD Buleleng Ida Bagus Suadnyana mengatakan begitu mendapat laporan langsung menerjunkan enam personel Tim Reaksi Cepat (TRC) menuju lokasi. “Tak ada korban jiwa dan material. Hanya menimbulkan kemacetan arus lalu lintas karena dahan pohon melintang di badan jalan yang mengakibatkan kendaraan tak bisa melintas,” ungkap Suadnyana.

Evakuasi dahan pohon dapat ditangani dengan cepat atas bantuan personel Polsek Sukasada, pemerintah Kecamatan Sukasada dan masyarakat setempat.

Kapolsek Sukasada Kompol I Nyoman Landung mengakui sempat menerjunkan personel untuk membantu mengevakuasi batang dahan pohon tersebut. Ikut membantu personel Unit Lantas, Satlantas Polres Buleleng,   untuk mengatur arus lalin.

“Sempat terjadi kemacetan sekitar 15 menit. Begitu dahan pohon berhasil dibersihkan,  jalan langsung dibuka perlahan menggunakan setengah jalur. Setelah bersih semua jalur dibuka penuh,” jelas Kapolsek Landung. Dia mengimbau masyarakat dan pengguna jalan tetap waspada, meskipun tidak sedang terjadi hujan dan angin kencang. Bencana dapat datang kapan dan dimana saja.*k23

loading...

Komentar