nusabali

Menparekraf Pantau Kesiapan ITDC Sambut New Normal

  • www.nusabali.com-menparekraf-pantau-kesiapan-itdc-sambut-new-normal

MANGUPURA, NusaBali
Dalam rangka menyambut new normal di Pulau Dewata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio memantau kesiapan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Selasa (16/6) sore.

Pemantauan itu untuk memastikan protokol kesehatan di objek wisata yang menjadi pilot project dalam penerapan new normal ke depannya. “Selain disiplin menerapkan protokol kesehatan, dalam rangka menyambut new normal, yang harus diperhatikan yakni kondisi Covid-19 di Bali. Jangan sampai pariwisata itu asal buka, nanti bisa jadi masalah baru,” kata Menparekraf Wishnutama saat meninjau kesiapan menyambut new normal di kawasan ITDC Nusa Dua.

Diakuinya, dalam menyambut new normal, Kementerian Pariwisata sudah mewajibkan penerapan protokol kesehatan terutama terkait cleanliness, health, and safety (CHS). Sehingga nantinya akan menjadi acuan di objek wisata lainnya. Saat ini, lanjut dia, untuk pariwisata di Bali, tahap awal akan dibuka hanya untuk lokal Bali terlebih dahulu. Apabila semuanya sudah siap, selanjutnya diuji coba, baru menyasar wisatawan domestik.

“Jadi, tahapannya harus jelas. Kesiapan daerah yang paling penting. Jangan sampai malah dibuka, nanti muncul masalah baru. Jadi yang penting siap dulu daerahnya. Secara kesehatan itu, sudah siap, baru nantinya dibuka bertahap,” tutur Menparekraf Wishnutama.

Dia juga mengapresiasi kesiapan dari pihak ITDC dalam menyambut wisatawan saat penerapan new normal. Meski begitu, Menparekraf Wishnutama meminta pihak ITDC untuk mematangkan lagi, utamanya soal kedisiplinan. “Soal new normal, yang paling penting protokol kesehatannya sudah siap atau belum? Tentu ada tahapan dan akan diujicoba terlebih dahulu. Makanya saya ke sini untuk bicara dengan pemda dan pelaku pariwisata terkait kesiapan,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Menparekraf beserta jajaran didampingi Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer dan Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita,  meninjau sejumlah titik di The Nusa Dua. Diawali di gerbang masuk kawasan, dia mengamati langsung proses pemeriksaan setiap orang yang masuk ke dalam kawasan.

Kemudian peninjauan dilanjutkan ke Rumah Sakit BIMC Siloam Nusa Dua, Nusa Dua Beach Hotel, pusat perbelanjaan Bali Collection, ABBC Building Art Bali serta Pantai Waterblow yang berada dalam kawasan The Nusa Dua. *dar, ant

loading...

Komentar