nusabali

TP PKK Gianyar Tingkatkan PHBS

Cegah Penularan Covid 19 di Masyarakat

  • www.nusabali.com-tp-pkk-gianyar-tingkatkan-phbs

GIANYAR, NusaBali
Penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru oleh pemerintah Pusat, tidak harus membuat masyarakat lengah.

Dalam fase new normal, masyarakat tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Seperti menggunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan memakai sabun hingga tetap menjaga jarak.

PHBS di kalangan PKK sejak lama sudah ada, namun belum optimal. Barangkali ada masyarakat yang belum memahami ternyata PHBS sangat penting dan tak sekadar diucapkan. “Ternyata kita baru menyadari, langkah-langkah yang kita lakukan dalam PHBS sangat tepat untuk menangkal penyebaran Covid 19,” kata Ketua TP.PKK Kab. Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra saat menghadiri dialog interaktif di sebuah TV swasta, Kamis (11/6).

Dialog bertema ‘Peran PKK Dalam Menekan dan Mencegah Penyebaran Pandemi Covid 19 melalui PHBS di Rumah Tangga’. Ny. Adnyani Mahayastra memaparkan melalui pemberdayaan masyarakat (empowerment), TP.PKK sendiri telah memulainya dari lingkungan rumah tangga maupun dasa wisma di masing-masing banjar. Rumah tangga atau keluarga memegang peranan penting dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat. Peranan keluarga memegang peranan utama untuk meningkatkan kualitas kesehatan sejak dini. Dengan menerapkannya terlebih dahulu di lingkungan rumah tangga, maka otomatis akan lebih mudah menerapkan ke lingkungan yang lebih luas yaitu masyarakat. PHBS di rumah tangga dapat dimulai dengan hal-hal yang sederhana seperti menggunakan air bersih untuk keperluan sehari-hari, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, melakukan aktivitas fisik atau olahraga, makan makanan yang bergizi dan lain-lainnya.  “Kami menerapkan perilaku sehat bukan saja karena merebaknya virus, namun yang tak kalah penting dalam fase new normal ini, harus lebih ditingkatkan. Semua protokol pencegahan Covid-19 harus terus dijalankan dengan penuh disiplin ,”tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, PHBS sendiri merupakan bagian dari program Pokja 4 di samping program-program lainnya. Seperti pengembangan dan pembinaan Posyandu, pelestarian lingkungan, perencanaan sehat dan lain-lainnya. Saat ini di tengah upaya mencegah penularan Covid-19, kita seperti kembali diingatkan akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat. Semua harus dimulai dari diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat. Kita harus bisa merencanakan segala sesuatu yang terbaik untuk keluarga terutama di bidang kesehatan. *nvi

Komentar