nusabali

Fisik 10 Pemain Dinilai Bagus

Shin Tae-yong Akui Sulit Latihan Virtual

  • www.nusabali.com-fisik-10-pemain-dinilai-bagus

JAKARTA, NusaBali
Meski mengaku sulit menjalani latihan secara virtual, pelatih kepala Shin Tae-yong mengungkapkan ada sepuluh pemain Timnas Indonesia U-19 yang memiliki kebugaran bagus selama pemusatan latihan (TC) kali ini.

Shin Tae-yong didampingi asistennya, Lee Jae-hong, memimpin latihan pemain secara virtual dalam beberapa hari terakhir. Shin Taeyong mengatakan, latihan seperti ini tidak berjalan maksimal seperti ketika situasi normal.

Menurutnya, latihan secara virtual ini hanya dilakukan satu kali setiap harinya. Namun pelatih 51 tahun itu tetap senang ada pemain yang mengalami peningkatan kebugaran. Shin Tae-yong juga mengingatkan pemain agar menghindari mengkonsumsi gorengan.

“Saya biasanya mengagendakan latihan tiga kali setiap harinya [di saat normal]. Itu bertujuan untuk meningkatkan kebugaran pemain. Sesekali mereka saya ajak berlatih pada pukul 12:00 (Wita),” ujar Shin Taeyong dilansir bola.com dari Kyunghyang Shinmun, Kamis (5/6).

“Kami memanggil 50 pemain di bawah usia 20 untuk menjalani latihan, tapi mungkin ada sepuluh pemain yang pada latihan kali ini memiliki kebugaran sangat bagus. Itu menumbuhkan harapan pemain di kelompok usia ini bisa berkembang dengan baik,”kata pelatih asal Korsel itu.

Shin Taeyong menambahkan, dirinya sering mengikuti perkembangan tentang pandemi virus Corona di Indonesia. Dia berharap latihan normal dapat dilakukan pada Juli, jika pemerintah Indonesia mencabut status darurat bencana nonalam, mengingat kualifikasi Piala Dunia U-20 akan digelar Oktober di Uzbekistan.

Hasil akhir tidak menentukan nasib Indonesia untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan, karena berstatus tuan rumah. Shin Tae-yong pun berencana membawa timnas U-19 menjalani latihan di Korea Selatan jika situasi di Indonesia masih belum memungkinkan.

Kendati hasil akhir di Uzbekistan tidak menentukan, Shin Tae-yong memiliki ambisi tersendiri, karena dia bersama pelatih Vietnam Park Hang-seo ingin meningkatkan citra sepakbola Korsel di kawasan Asia Tenggara.

“Indonesia bertindak sebagai tuan rumah, sehingga kami sudah pasti akan tampil di putaran final. Kami akan berusaha meningkatkan sepakbola Indonesia, seperti Park Hang-seo yang mengembangkan sepakbola Korsel [di Vietnam]. Kami akan memperlihatkan hasil bagus pada tahun depan,”kata Shin Tae-yong, yang membawa Korsel menaklukkan Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018 itu. *

Komentar