nusabali

PPDB Online, Daftar Kembali Belum Ada Petunjuk

  • www.nusabali.com-ppdb-online-daftar-kembali-belum-ada-petunjuk

Satu siswa boleh mendaftar di dua sekolah dalam satu zonasi untuk jalur zonasi, prestasi, dan afirmasi.

AMLAPURA, NusaBali

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ajaran 2020/2021 dimulai dari tanggal 15 Juni 2020 secara online. Sementara pengumuman PPDB dijadwalkan pada tanggal 6-8 Juli 2020. Hanya saja para kepala sekolah belum menerima petunjuk teknis pendaftaran kembali calon siswa baru.   

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Karangasem, I Wayan  Sugiana, mengatakan penerimaan siswa baru dibagi beberapa tahapan. “Hanya jadwal pengumumannya diberikan, teknis mendaftar ulang belum ada,” kata Sugiana yang juga Kasek SMAN 1 Amlapura, Kamis (28/5). Pendaftaran calon siswa baru terbagi tujuh jalur yakni jalur zonasi, jalur anak inklusi, jalur sekolah dengan perjanjian sebesar 50 persen, jalur afirmasi sebesar 15 persen, jalur perpindahan tugas orangtua sebesar 5 persen, jalur prestasi, dan jalur ranking sebesar 30 persen.

Sugiana mengatakan, untuk jalur zonasi minimal tinggal 1 tahun di daerah zonasi, jalur inklusi dibuktikan dengan surat keterangan dari psikiater, jalur sekolah dengan perjanjian ada surat rekomendasi dari kelian banjar atau kelian banjar adat. Khusus untuk jalur afirmasi atau dari keluarga kurang mampu, menyertakan surat keterangan kurang mampu disertai kartu keluarga sejahtera, kartu perlindungan sosial, kartu keluarga harapan, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, dan lain-lain.

Pendaftaran tahap I untuk inklusi, sekolah dengan perjanjian, afirmasi dan perpindahan tugas orangtua dari tanggal 15-17 Juni, verifikasi 15-18 Juni, perankingan 19 Juni, dan pengumuman 20 Juni. Sedangkan pendaftaran tahap II, jalur zonasi dari tanggal 22-24 Juni, verifikasi 22-25 Juni, perankingan 26 Juni, dan pengumuman 27 Juni. Sedangkan pendaftaran tahap III, jalur ranking nilai rapor pendaftaran 29-30 Juni, verifikasi 29 Juni-1 Juli, perankingan 2 Juli, dan pengumuman 3 Juli.

Pendaftaran kembali dari tanggal 6-9 Juli. “Khusus untuk jalur prestasi, daftar online dengan mengirim file scanner sertifikat, selanjutnya diverifikasi,” jelas Sugiana. Diingatkan, untuk jalur zonasi, prestasi, dan afirmasi, satu siswa boleh mendaftar di dua sekolah di satu zonasi. Terpisah, Wakasek Kesiswaan SMA PGRI Amlapura, I Gede Aries Pidrawan, mengatakan telah membuka pendaftaran online untuk siswa baru. Hingga kemarin pendaftar sebanyak 41 calon siswa.

Aries Pidrawan mengatakan, teknis daftar ulang akan menghubungi calon siswa dan diberikan jadwal datang ke sekolah. Setiap hari diagendakan daftar sebanyak 15 siswa. “Jelang pendaftaran ulang, setiap siswa dihubungi agar datangnya bergilir sehingga terhindar terjadinya kerumunan siswa,” jelas Gede Aries Pidrawan. *k16

loading...

Komentar