nusabali

Unud Tetap Buka Jalur Mandiri

  • www.nusabali.com-unud-tetap-buka-jalur-mandiri

Sebelum UTBK untuk jalur mandiri, terlebih dahulu Unud akan menggelar UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

DENPASAR, NusaBali

Universitas Udayana (Unud) akan membuka seleksi Jalur Mandiri Tahun Akademik 2020/2021 kepada calon mahasiswa baru. Seleksi jalur mandiri akan dimulai dari tanggal 19 Mei 2020 hingga 30 Juli 2020. Demikian diungkapkan Wakil Rektor I Bidang Akademik Unud, Prof Dr Ir I Nyoman Gde Antara MEng yang memimpin rapat Finalisasi Persiapan Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Tahun 2020 di Gedung Rektorat Unud, Senin (18/5).

Pada rapat tersebut diputuskan bahwa pendaftaran Jalur Mandiri ini akan dimulai dari tanggal 19 Mei sampai dengan 30 Juli 2020. Sedangkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Jalur Mandiri akan dilaksanakan pada 20 Juli sampai dengan 6 Agustus 2020 dengan total 18 sesi. Pengumuman kelulusannya akan disampaikan pada 11 Agustus 2020.

Prof Antara menjelaskan, calon mahasiswa baru yang akan memilih jalur mandiri wajib membuat akun terlebih dahulu, setelah itu mengisi form biodata dan melakukan pembayaran pendaftaran. Kemudian, dilanjutkan dengan memilih program studi yang diminati sampai lengkap. Kartu pendaftaran dapat dicetak sendiri. “Dalam kartu pendaftaran yang tercetak nantinya bisa dilihat tentang biodata calon mahasiswa juga, ada fotonya, serta jadwal UTBK dan lokasi ujiannya. Juga ada kelengkapan yang harus dibawa pada saat ujian termasuk pelaksanaan Protokol Pencegahan Covid-19,” bebernya.

Sebelum UTBK untuk jalur mandiri, terlebih dahulu Unud akan menggelar UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pendaftaran SBMPTN sendiri baru akan dimulai pada tanggal 2 Juni sampai dengan 20 Juni 2020, dan jadwal pelaksanaan UTBK tanggal 5 Juli sampai dengan 12 Juli 2020. Sedangkan pengumumannya akan disampaikan pada 25 Juli 2020. Adapun lokasi pelaksanaan UTBK Jalur SBMPTN antara lain di Kampus Bukit, Kampus Sudirman, dan kampus yang berada di Jalan Pulau Nias dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19. “Kalau tahun sebelumnya SBMPTN terlebih dulu. Tahun ini kita kehabisan waktu, tumpang tindih pendaftaran kedua jalur itu tidak bisa dihindari karena situasi akibat Covid-19,” papar Prof Antara.

UTBK untuk Jalur Mandiri akan dilaksanakan pada 20 Juli sampai dengan 6 Agustus 2020 dengan total 18 sesi. Adapun daya tampung untuk Jalur Mandiri adalah 30 persen dari dari total daya tampung Unud (6.344 calon mahasiswa). “Masing-masing calon mahasiswa hanya ujian satu kali saja dan bisa memilih maksimal dua prodi yang berbeda di lingkungan Unud,” ungkapnya.*ind

loading...

Komentar