nusabali

BST Tahap I Mulai Dicairkan di Kantor Pos

  • www.nusabali.com-bst-tahap-i-mulai-dicairkan-di-kantor-pos

AMLAPURA, NusaBali
Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial untuk Kecamatan Karangasem mulai dicairkan di Kantor Pos Karangasem, Kamis (14/5).

Tiap KK penerima mendapat bantuan Rp 600.000. BST untuk tiga bulan yakni Mei, Juni, dan Juli 2020. Pencairan BST dijaga sejumlah petugas Polres Karangasem agar tidak terjadi kerumunan warga.

Warga penerima BST wajib datang membawa formulir yang telah diverifikasi kelian banjar dinas atau kepala lingkungan dan bawa KTP asli. Dalam formulir itu telah berisi nama dan barcode. Selanjutnya petugas memverifikasi nomor induk kependudukan di formulir itu dengan NIK yang ada di KTP atau kartu KK asli. Jika nomornya cocok, dipersilakan antre menunggu giliran pencarian BST.

Di kasir Kantor Pos Indonesia, petugas kembali mengecek formulir dan KTP. Jika tidak ada masalah, maka warga bersangkutan diberikan uang tunai Rp 600.000. Sebagai bahan laporan, petugas PT Pos Indonesia memotret warga penerima lengkap pegang KTP dan uang tunai. Selanjutnya petugas mengunggah foto itu ke Kantor Kemensos sebagai bahan laporan secara online.

Hari pertama hanya melayani pencairan BST dari lima desa di Kecamatan Karangasem yakni Desa Seraya sebanyak 32 KK, Desa Tumbu 15 KK, Desa Pertima 58 KK, Kelurahan Padangkerta 70 KK, dan Desa Tegallinggah 33 KK. Total 208 KK dengan nominal sebesar Rp 124,8 juta. Pencairan hari kedua di Kecamatan Karangasem, Jumat (15/5) untuk Kelurahan Karangasem sebanyak 152 KK, Desa Bukit 7 KK, Desa Bugbug 6 KK, dan Kelurahan Subagan 46 KK. Total 211 KK nominalnya sebesar Rp 126,6 juta. “Pencairan BST memang bertahap dan yang antre dibatasi,” jelas petugas kantor pos, I Ketut Merta.

Perbekel Desa Tegallinggah, I Gede Sudiarsa, mengatakan tahap I jumlah penerima sebanyak 33 KK, tahap berikutnya lebih banyak lagi masuk daftar dapat BST. Tahap berikutnya, 9 KK di BNI, tahap III di BRI sebanyak 21 KK, dan tahap IV sebanyak 125 KK dicairkan di kantor Pos.

Terpisah, Perbekel Desa Duda Timur, Kecamatan Selat I Gede Pawana mengatakan, sebanyak 116 KK dapat BST, nominal Rp 69,6 juta. “Bukan hanya dapat BST, warga lainnya ada dapat BPNT, BLT desa, dan jenis bantuan lainnya,” kata Gede Pawana. *K16

Komentar