nusabali

Warga Ramai Urus Adminduk Online

  • www.nusabali.com-warga-ramai-urus-adminduk-online

SEMARAPURA, NusaBali
Animo masyarakat Klungkung mengurus administrasi kependudukan (adminduk) di tengah pandemi Covid-19 atau Corona, cukup tinggi.

Karena banyak warga memiliki waktu senggang di rumah (stay home). Pada Maret - April 2020, tercatat 2.433 warga pengajuan KK (kartu keluarga). Pengurusan KK di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil Klungkung) ini maupun adminduk lainnya menggunakan sistem online. Selain pengajuan KK warga juga beramai-ramai mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) dalam 2 bulan terakhir, yakni sebanyak 1.409 KIA.

Kadisdukcapil Klungkung I Komang Dharma Suyasa, mengatakan untuk pelayanan di tengah pandemi ini menggunakan sistem online, untuk menghindari kontak langsung.  "Tingginya warga yang mengurus administrasi secara online mungkin karena banyak yang memiliki waktu luang," ujarnya.

Supaya mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan secara online, Disdukcapil membuat sistem pelayanan via aplikasi Whatapp. Setiap bidang pelayanan, disediakan nomor kontak whatapp yang dapat dihubungi oleh warga saat mengurus dokumen pendudukan di jam kerja. " Warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan, tinggal chat nomor WA tersebut sesuai dengan bidang atau dokumen yang diurus," ujarnya.

Untuk persyaratan dan prosesnya akan dituntun langsung oleh admin. Sementara untuk pelayanan perekaman e-KTP tidak dapat dilakukan saat masa social distance seperti saat ini. Mengingat perekaman e-KTP memerlukan interaksi atau kontak langsung antara warga dan petugas Disdukcapil. Sehingga belum dapat dilayani secara total dengan sistem online. Kendati sudah menerapkan sistem online masih banyak warga yang nekat datang ke Disdukcapil alasannya mumpung libur baru bisa datang ke kantor Disdukcapil urus dokumen kependudukan. "Kami meminimalisir memberikan pelayanan kontak langsung dengan masyarakat karena kebijakan social distancing,’’ jelasnya.*wan

Komentar