nusabali

Sebelum Pulang, PMI Ikuti Upacara Malukat

  • www.nusabali.com-sebelum-pulang-pmi-ikuti-upacara-malukat

AMLAPURA, NusaBali
Sebelum dipulangkan, sebanyak 49 PMI (pekerja migran Indonesia) mengikuti sembahyang bersama dan malukat di Vila Taman Surgawi, Banjar Ujung Tengah, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Minggu (3/5).

Sembahyang bersama dan malukat ini digelar oleh Pemkab Karangasem dan diantarkan Jro Mangku Nengah Alit. Malukat menggunakan tirtha Pura Sad Kahyangan Lempuyang dan Pura Geria Waringin Sungsang di Taman Sukasada Ujung.

Panglukatan ditandai dengan pamangku percikkan tirta kepada seluruh PMI. Selanjutnya muspa bersama, dipercikkan tirta dan menggunakan karawista. Harapannya, agar PMI yang pulang bersih secara lahir dan bathin, sehat, dan terbebas dari pengaruh virus corona. Ini acara pelepasan pertama untuk PMI kembali bergabung dengan keluarganya diawali malukat dan muspa bersama. Para PMI menyambut suka cita gagasan dari Pemkab Karangasem yang menggelar panglukatan dan sembahyang bersama.

Menurut para PMI, mereka menjalani karantina di Vila Taman Surgawi sejak Minggu (19/4). Selama menjalani karantina mendapatkan pelayanan optimal dari Pemkab Karangasem, pemilik Vila Taman Surgawi, dan dukungan masyarakat Banjar Ujung Tengah. Bahkan para PMI berniat membantu pemerintah berupa APD dan masker. Mereka meminta saran untuk menyalurkan bantuan tersebut untuk meringankan beban masyarakat dan pemerintah.

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, melepas 49 PMI didampingi Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Ketua DPRD I Gede Dana, Dandim Letkol Inf Bima Santosa, Kapolres AKBP Ni Nyoman Suartini, Kajari Joko Budi Darmawan, Kadis Tenaga Kerja I Nyoman Suradnya, Kadis Pariwisata I Ketut Sedana Merta, Kadis Perhubungan Ida Bagus Putu Suastika, Kadis Kesehatan I Gusti Bagus Putra Pertama, Ketua PHRI I Wayan Kariasa, dan Ketua PHDI Karangasem Dr Ni Nengah Rustini MAg.

Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri mengingatkan, walau telah dinyatakan sehat, saat bertemu keluarga untuk tetap jaga jarak. “Jangan buru-buru berpelukan, tetap jaga jarak selama 14 hari ke depan. Kami harapkan semua PMI tetap sehat,” harap Bupati Mas Sumatri. Sementara I Gusti Bagus Putra Pertama yang juga Koordinator Satgas Bidang Kesehatan Penanggulangan Covid-19 Karangasem mengatakan, para PMI dikarantina 14 hari untuk memastikan kedatangan mereka dari negara terjangkit virus corona tetap sehat. “Saya mengapresiasi kepada seluruh PMI yang menjalani karantina di Vila Taman Surgawi, sangat disiplin menjaga kondisi. Buktinya, setelah menjalani rapid tes, semua hasilnya negatif, itu artinya semuanya sehat,” kata Gusti Bagus Putra Pertama. Kemarin Bupati Mas Sumatri juga melepas 10 PMI yang dikarantina di Hotel Nirwana, Banjar Subagan, Kecamatan Manggis, Karangasem. Total 91 PMI telah dipulangkan. Di Villa Taman Surgawi sebanyak 11 PMI, Hotel Puri Bagus Candidasa 4 PMI, Hotel Bali Seascave 12 PMI, Lotus Bungalow 5 PMI, Hotel Nirwana 17 PMI, dan Candi Beach Resort 42 PMI. *k16

Komentar