nusabali

Akhiri Masa Karantina, PMI Dirapid Test

  • www.nusabali.com-akhiri-masa-karantina-pmi-dirapid-test

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 21 pekerja migran Indonesia (PMI) menjalani rapid test di hari terakhir masa karantina di Hotel Ramayana Candidasa, Banjar Subagan, Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (28/4).

Koordinator Kesehatan Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, langsung mengeluarkan surat keterangan sehat bagi 21 PMI ini. Hanya saja mereka baru bisa pulang ke rumah masing-masing pada Rabu (29/4) hari ini.

Rapid test untuk 21 PMI yang dikarantina di Hotel Ramayana ini dipimpin Kepala Puskesmas Manggis II, dr I Gede Dera Eka Adnyana, dibantu petugas Analis Lab I Made Karya. Para PMI itu terdiri dari dua wanita dan 19 laki. Mereka itu sebanyak 17 orang kerja di Miami, 3 orang kerja di Jepang, dan 1 orang kerja di Yaman. Mereka berasal dari 9 desa yakni Desa Peringsari, Desa Duda, Bebandem, Desa Budakeling, Desa Bhuana Giri, Desa Bungaya Kangin, Desa Tianyar Barat, Desa Culik, Desa Subagan, dan Desa Ulakan.

Mereka menjalani karantina bervariasi dihitung dari kerja di kapal pesiar. Ida Bagus Adnyana Putra dari Banjar Triwangsa, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem dan I Gusti Ayu Nyoman Ari Astini dari Lingkungan Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem misalnya, menjalani karantina selama 44 hari. Sebelum pulang ke Indonesia, terlebih dahulu menjalani karantina di dalam kapal selama 30 hari, sejak Sabtu (14/3) hingga Senin (13/4). Selanjutnya dari Senin (13/4) melakukan perjalanan darat selama 24 jam dari Texas ke Miami, tiba Rabu (15/4). Dari Miami kemudian carter pesawat, terbang selama 22 jam dari Miami mendarat di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pada Rabu (15/4) pukul 09.00 Wita.

Setiba di Jakarta langsung menjalani rapid tes. Kemudian ganti pesawat, terbang dari Soekarno-Hatta pukul 11.30 WIB tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pukul 14.00 Wita dan kembali menjalani rapid test. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Karangasem tiba di Objek Wisata Candidasa pukul 19.30 Wita dan masuk hotel pada Kamis (16/4) sekitar pukul 01.30 Wita.

Selanjutnya menjalani karantina selama 14 hari yang akan berakhir Rabu (29/4). “Sebenarnya yang paling menakutkan saat turun di Jakarta, menjalani rapid test. Sebab Jakarta zona merah,” jelas I Gusti Ayu Nyoman Ari Astini yang bekerja di kapal pesiar sebagai Head Waitress di Kapal Karnival sejak tahun 2005. I Gusti Ayu Ari Astini mengaku lebih menikmati saat karantina di kapal selama 30 hari. Sebab bebas beraktivitas, di antara PMI saling melayani kebutuhan sehari-hari. “Tetap saya bersyukur, pada akhirnya bisa bertemu keluarga,” tambahnya. *k16

Komentar