nusabali

Mobile Brigde Dermaga Gunaksa Segera Dipasang

  • www.nusabali.com-mobile-brigde-dermaga-gunaksa-segera-dipasang

Pemkab Klungkung berencana melakukan pengurukan akses jalan menuju Dermaga Gunaksa. Pengurukan untuk meratakan dan membuat jalan sementara, sebagai akses masuk Dermaga Gunaksa.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, menyampaikan hal tersebut, terkait penyelesaian pembangunan Dermaga Gunaksa. 

“Kita akan antisipasi jalan dengan melakukan pengurukan pada jalan yang ada,” ujar Bupati Suwirta, Minggu (15/11). Dengan demikian, jalan tersebut bisa dilalui kendaraan menuju dermaga. Selain itu, Bupati Suwirta menyatakan Pemkab akan membangun tanggul untuk mengantisipasi Dermaga Gunaksa tergerus jika terjadi hujan dan banjir. DED (detail enginereeng disgn) akan dianggarkan tahun 2016. “Tujuannya memperkuat dermaga,” jelas Bupati Suwirta.

Sebelumnya untuk memastikan kondisi Dermaga Gunaksa, Direktur Jenderal Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLADP) Kementerian Perhubungan, Nurhadi, melakukan pengecekan ke Dermaga Gunaksa, di Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Sabtu (14/11). Tujuannya, melihat dari dekat kondisi fisik pembangunan Dermaga Gunaksa.

Nurhadi menyatakan, Pemerintah Pusat  mempunyai komitmen yang sama dengan Pemprov Bali dan Kabupaten Klungkung untuk mempercepat penyelesaian proyek dermaga hingga masyarakat dapat menikmati hasilnya. Pengecekan dan pemantauan lapangan dilakukan, setelah Dirjen LLASDP Nurhadi bersama Bupati I Nyoman Suwirta melakukan pertemuan, membahas perkembangan pembangunan  Dermaga Gunaksa. Ikut dalam, pertemuan itu Sekkab Klungkung I Putu Gede Winastra, Kepala Dinas PU Provinsi Bali Ketut Artika, Kepala Balai ASDP Provinsi Bali Sugianto, Kepala Dinas Perhubungan Klungkung Nengah Sukasta, dan yang lainnya.

Dari pemantauan itulah, Dirjen LLASDP,  menekankan kondisi jalan akses masuk dermaga, agar mendapat penanganan dari  Pemkab Klungkung, Hal itu mengingat akses jalan masuk yang kondisinya labil, sehingga perlu penanganan, untuk bisa menjadi akses masuk ke dermaga.

Guna mendukung rencana pengoperasian Dermaga Gunaksa, kelengkapan dermaga diantaranya Brigde Mobil akan segera dipasang, 20 Desember mendatang. Dermaga Gunaksa dibangun sebagai pasangan dari Dermaga Nusa Penida yang sudah dibangun sebelumnya. Jika dermaga ini rampung dan bisa dioperasikan, angkutan barang dan jasa ke Nusa Penida, akan lebih lancar. Roro Nusa Jaya Abadi  selama ini mengangkut penumpang dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem akan dialihkan ke Dermaga Gunaksa. Karenanya, tak perlu lagi menunggu antrean, seperti selama ini.

Komentar