nusabali

Pesona Ikan Hias di Pelabuhan Sanur

  • www.nusabali.com-pesona-ikan-hias-di-pelabuhan-sanur

DENPASAR, NusaBali - Pelabuhan Sanur di Pantai Matahari Terbit, Denpasar, tak hanya menarik karena memiliki arsitektur yang unik, yakni gedungnya berbentuk jukung tradisional. Namun pelabuhan ini memiliki daya tarik lain berupa ikan hias yang gampang ditemui di kolam dermaga.

Ikan hias tersebut oleh kalangan warga dikenal sebagai ‘ikan sayang-sayang’. Warnanya kekuningan, ada bercak-bercak cokelat, seperti sayap kupu-kupu. Dan terlihat jinak, sehingga kerap menarik perhatian wisatawan yang hendak menyeberang.

Nyoman Adiputra atau Andre, salah seorang karyawan operator boat, Rabu (14/2), menyatakan ‘ikan sayang-sayang’ itu menjadi daya tarik lain dari Pelabuhan Sanur. Karena sering menjadi tontonan wisatawan yang naik maupun turun dari boat. “Kalau mau memelihara, tentu harus menggunakan air laut. Kalau air tawar ikannya mati, karena tak cocok,” ucap Andre.

Karena itulah, sering wisatawan tertarik  memandang takjub ‘ikan sayang-sayang’ tersebut. Apalagi sering muncul di kolam dermaga, dekat ponton, di mana wisatawan berjalan, baik menuju maupun balik dari boat. “Cumi-cumi, juga kadang muncul juga di sini,” imbuh Andre.

Sementara aktivitas Pelabuhan Sanur pada hari pencoblosan Pemilu, Rabu (14/2) berlangsung normal. Ratusan warga, di antaranya wisatawan menyeberang berwisata ke Lembongan dan Nusa Penida, Klungkung. “Bisa lebih dari 1.000 orang yang menyeberang,” kata I Made Arnawa, seorang petugas jaga di areal Pantai Matahari Terbit

Menurut Arnawa, pemilu tak sampai mengganggu aktivitas pelabuhan. Selain wisatawan yang menyeberang, ada juga warga lokal dari Nusa Penida. “Mungkin pulang karena mau nyoblos,” ujarnya. 7 k17

Komentar