nusabali

Sukses ‘Balas Dendam’, Ijogading Barat Jawara Jembrana Cup

  • www.nusabali.com-sukses-balas-dendam-ijogading-barat-jawara-jembrana-cup

Sekaa Makepung Ijogading Barat menjuarai Jembrana Cup dengan kemenangan tipis atas rival abadi, Sekaa Makepung Ijogading Timur. 

NEGARA, NusaBali
Kemenangan di sirkuit Sang Hyang Cerik, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana, Minggu (15/11) seolah balas dendam atas kekalahan pada ajang Bupati Jembrana Cup di sirkuit Delodberawah, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, pada bulan Agustus lalu.

Kemenangan Sekaa Makepung Ijogading Barat hanya terpaut tiga poin dari Ijogading Timur yakni 29:26. Pengumpulan poin ini menunjukkan persaingan antar kedua blok makin ketat setiap tahunnya. Meskipun dalam setiap perlombaan, kedua blok tetap mengumpulkan hadiah yang didapat menjadi satu untuk operasional ataupun kelangsungan pelestarian tradisi makepung.

Bupati Jembrana I Putu Artha yang menyaksikan ajang Jembrana Cup sejak start mulai pagi hingga finish siang hari kemarin, mengaku bangga dengan kebersamaan dan kerukunan sekaa makepung dari kedua blok. Selain mampu melestarikan tradisi makepung, kedua blok tidak pernah ribut, meskipun selalu duel di sirkuit. “Sportifitas kedua blok sangat tinggi. Saya sangat bangga dengan hal ini,” puji Bupati Artha.

Bupati Artha juga mengamati perkembangan anggota sekaa makepung di kedua blok mengalami peningkatan cukup signifikan setiap tahunnnya. Jika tahun sebelumnya, rata-rata berjumlah seratusan pasang kerbau, pada tahun 2015 ini jumlahnya meningkat tajam mencapai 170 pasang kerbau. Peningkatan ini menunjukkan masyarakat Jembrana makin menggemari tradisi makepung yang telah menjadi Warisan Budaya Nasional.

Peningkatan ini pun memicu Bupati Artha meningkatkan perhatiannya. Tahun depan, ia berjanji akan meningkatkan jumlah hadiah total dari Rp 135 juta menjadi Rp 180 juta. Bupati Artha juga menyampaikan membangun sirkuit permanen baru di Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan Jembrana.

Komentar