nusabali

Debat Kandidat Berjalan Normatif

  • www.nusabali.com-debat-kandidat-berjalan-normatif

Debat publik pasangan Cabup-Cawabup Badung untuk Pilkada 2015 yang digelar di Hotel Trans, Kuta, Sabtu (14/11) malam, berjalan normatif dalam empat sesi. 

Sedangkan Made Sudiana memberikan solusi pertanian dikelola secara modern, supaya menarik minat anak muda bertani. “Sektor pertanian diusahakan jadi menarik, ada sentuhan modern dengan marketing, konsep, grand desain, memenuhi kebutuhan pasar dan sisi teknologi,” katanya.

Menjawab panelis soal masalah air, Sudiana menawarkan manajamen air yang baik. “Musim hujan air belimpah, musim kemarau kurang. Harus ada buat bendung-an, kanal air tersedia sepanjang tahun. Di Badung Selatan harus ada perhatian khusus dengan memaksimalkan perusahaan air minum daerah.”

Sebaliknya, Giri Prasta janji siap memberikan air murah jika terpilih jadi Bupati Badung. “Kalau Giriasa memimpin, air tersedia bagi rakyat kecil. Pemanfaatan air bawah tanah kita tekan. Siapkan penyulingan air laut. Giriasa sudah siapkan master plan untuk penanganan air di Badung Selatan. Air minum Badung menyeluruh 2017,” tegas mantan ketua DPRD Badung dua kali periode asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung (Utara) ini.

Menjawab pertanyaan panelis Marhaendra Wira Atmaja soal penegakan hukum di Badung terkait dengan pemerintahan yang bersih, Giriasa berjanji akan terapkan hukum yang adil seadil-adilnya. “Harus ada low inforcement. Bicara hukum, ada penerapan awig- awig, hukum tanpa diskriminatif. Ada trias politica pengacara, kejaksaan untuk clean government untuk sisi kontrol bersama-sama melibatkan masyarakat buat menjaga pemerintahan yang bersih,” ujar Giri Prasta disambut tepuk tangan. 

Sedangkan Sudiana menegaskan dalam bernegara, pemerintahan akan berjalan dengan tidak terlepas dari bidang hukum. “Perda kita harus memenuhi persyaratan dan berkualitas. Proses penegakan hukum, aspiratif tidak menimbulkan pertentangan. Jadikan hukum dalam peran sertanya membangun kebijakan publik dan ma-syarakat dilibatkan,” ujar tokoh asal Desa Tibubenang, Kecamatan Kuta Utara, Badung ini.

Menjawab panelis Dr Nyoman Subanda soal penyelarasan visi misi kandidat dengan RJMD Badung, Giriasa menyatakan siap memantapkan arah pembangunan Kabupaten Badung. “Kami telah tiga periode bertugas di Badung (kursi legislatif). Di tangan Giriasa, APBD Badung naik. Kita siap menjadikan Badung yang maju, aman, dan sejahtera,” ujar Giri Prasta yang juga Ketua DPC PDIP Badung.

Selanjutnya...

Komentar