nusabali

Ketua DPR Buka Rapat Paripurna di Tengah Pandemi Corona

  • www.nusabali.com-ketua-dpr-buka-rapat-paripurna-di-tengah-pandemi-corona

JAKARTA, NusaBali
DPR memutuskan tetap menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan III di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Rapat dibuka langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani. Rapat digelar di ruang rapat paripurna, gedung Nusantara II, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/3). Rapat juga disiarkan secara live melalui TV Parlemen dan dapat diikuti anggota Dewan secara virtual. Rapat dimulai pukul 14.15 WIB. Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, Rahmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar turut hadir.

"Bisa saya sampaikan bahwa yang hadir dalam rapat paripurna ini adalah 45 orang fisik dan 297 virtual," ujar Puan saat membacakan kehadiran anggota Dewan dalam rapat paripurna dilansir detik.com. Jarak tempat duduk anggota DPR yang hadir secara fisik pun diatur berjauhan agar tak terjadi kontak dekat. Wakil Ketua Komisi IX DPR, Melki Laka Lena, mengatakan jarak tempat duduk anggota yang hadir secara fisik pun diatur berjauhan. Anggota tak diperkenankan duduk berdekatan. Melki hadir secara fisik dalam rapat itu.

"Jarak 1,5 meter," kata Melki. Setidaknya, posisi antara satu anggota dan anggota lain yang hadir diberi jarak dua bangku. Bangku yang kosong diberi tanda 'X' agar tak diduduki. Rapat paripurna ini pun dapat dibilang berlangsung singkat. Ketua Komisi III DPR, Herman Hery, mengatakan hal itu sesuai kesepakatan mengingat kondisi wabah Corona yang sudah darurat.

"Sesuai kesepakatan pimpinan DPR dan fraksi-fraksi, rapur hanya membuka masa persidangan, tidak ada pembahasan lain-lain, mengingat situasi dalam keadaan darurat," ujar Herman. Ada 45 anggota DPR yang hadir secara fisik dalam rapat paripurna kali ini. Sementara itu, 297 anggota lainnya hadir secara virtual. Protokol pencegahan COVID-19 juga dilakukan sebelum rapat paripurna berlangsung. Ada 9 poin tata cara pelaksanaan rapat paripurna DPR, seperti akses masuk hingga pengaturan posisi duduk anggota dalam ruang rapat. *

Komentar