nusabali

Golkar Minta Pemkab Geser Anggaran

  • www.nusabali.com-golkar-minta-pemkab-geser-anggaran

GIANYAR, NusaBali
Wabah Covid-19 atau Corona yang makin melebar membuat masyarakat khususnya di Gianyar makin tercekam.

Oleh karena itu, Fraksi Golkar DPRD Gianyar mengingatkan Pemkab Gianyar segera menggeser pos anggaran tertentu di APBD 2020 dengan format refocusing anggaran.  Refocusing dimaksud untuk mengubah pos anggaran yang sebelumnya berfokus pada fisik  agar dialihkanfokuskan ke pos anggaran pencegahan Corona dan penanggulangan dari dampak sosial ekonomi masyarakat. ‘’Jika menyimak progres sebaran virus Corona yang makin melebar, Pemkab harus segera ambil langkah-langkah sigap,’’ jelas Ketua Fraksi Golkar DPRD Gianyar Made Suteja di Gianyar, Senin (30/3).

Politisi asal Desa Temesi, Gianyar ini menyambut baik kesigapan Gubernur Bali dan Pemkab Gianyar dalam menginstruksikan dan imbauan dalam penanggulangan virus itu. Dia mengapresiasi langkah Bupati Gianyar Made Mahayastra menyiapkan hotel gratis bagi dokter atau para medis yang menangani PDP (pasien dengan pengawasan) di RSUD Sanjiwani Gianyar. Namun guna menyikapi dampak sosial ekonomi akibat sebaran Corona, masyarakat tak cukup diberi surat edaran. Masyarakat kini membutuhkan perlindungan diri, terutama masker hingga pemenuhan kebutuhan pokok. Kesigapan untuk menemukan warga terduga terpapar Covid-19 akan jadi orang dengan pengawasan (ODP), amat penting. Warga baik di rumah, wantilan, balai banjar, pura, dan tempat umum lainnya perlu wastafel. ‘’Selama ini wastafel hanya banyak ada di kantor-kantor. Wastafel di lapisan masyarakat bawah juga amat penting,’’ jelas mantan guide Rusia ini.

Suteja mengusulkan beberapa pos anggaran dapat direfocusing untuk penanggulangan Corona dan dampaknya. Antara lain, anggaran perjalanan dinas pejabat, pos anggaran pemberdayaan, dan lainnya. ‘’Pemkab juga harus punya skenario refocusing anggaran jika wabah Corona ini makin malebar hingga beberapa bulan ke depan, atau jika Bali harus lockdown,’’ jelasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bappeda Gianyar I Gde Widarma Suharta mengakui, Pemkab kini amat perlu untuk merefocusing atau pergeseran fokus anggaran APBD 2020. Beberapa pos anggaran yang dipasti akan digeser untuk penanggulangan Corona dan dampaknya, antara lain pos perjalanan dinas, dan anggaran rapat-rapat. ‘’Rapat-rapat kini ditiadakan karena kebijakan physical distancing itu. Tapi, kami masih menghitung-hitung nilai pergeseran anggaran ini,’’ jelasnya. *lsa

loading...

Komentar