nusabali

Bupati Buleleng: Momentum Berjuang Hadapi Covid-19

HUT ke-416 Kota Singaraja Hari Ini Diperingati dari Rumah Masing-masing

  • www.nusabali.com-bupati-buleleng-momentum-berjuang-hadapi-covid-19

SINGARAJA, NusaBali
Hari ini, Senin, 30 Maret 2020, Kota Singaraja, Buleleng genap berusia 416 tahun.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan HUT ke-416 Kota Singaraja hari ini dilakukan secara sederhana oleh PNS Pemkab Buleleng dari rumah masing-masing, karena adanya pandemi Covid-19 (virus Corona). Momentum HUT ke-416 Kota Singaraja di tengah wabah ini diharapkan mampu membangkitkan semangat masyarakat Buleleng untuk bersama-sama melawan Covid-19.

Harapan dan ajakan tersebut diungkapkan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana ST, saat memberikan ucapan selamat HUT ke-416 Kota Singaraja, di Singaraja, Minggu (29/3). Agus Suradnyana selaku kepala daerah dan pribadi, bersama masyarakat mengucapkan Selamat HUT ke-416 Kota Singaraja dalam suasana berbeda, karena saat ini dunia termasuk Buleleng sedang menghadapi pandemi Covid-19.

“Wabah Covid-19 ini sangat mengganggu, sehingga kita perlu bersatu dan merayakan HUT ke-416 Kota Singaraja dengan sederhana dan dilakukan dari rumah masing-masing,” jelas Agus Suradnyana.

Menurut Agus Suradnyana, situasi yang dihadapi saat ini memang sulit dan terjadi kekhawatiran di masyarakat. Namun, momentum HUT ke-416 Kota Singaraja ini, diharapkan bisa dimanfaatkan dengan rasa kebersamaan.

Agus Suradnyana menyatakan, kekuatan dan kebersamaan ini merupakan senjata yang ampuh untuk menghadapi permasalahan seperti sekarang. “Mari kita bersatu dan bersama menghadapi wabah Covid-19 ini,” tandas Bupati asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng yang juga Ketua DPC PDIP Buleleng ini.

Agus Suradnyana pun berharap pandemi Covid-19 ini cepat berakhir. Begitu pula dengan seluruh masyarakat Buleleng diharapkan bangkit dan semangat menjalani kehidupan, sebagaimanayang telah dilakukan oleh pendiri Kota Singaraja pada 416 tahun yang silam. “Sekali lagi, mari bersama terus berjuang untuk meraih kesejahteraan masyarakat Buleleng,” pinta Agus Suradnyana.

Mantan Ketua Komisi III DPRD Bali (membidangi pembangunan, infrastruktur, lingkungan) tiga kali periode ini menyebutkan, ada beberapa capaian Pemkab Buleleng di tahun 2019 yang bisa dijadikan refleksi pembangunan tahun 2020. Pada 2019, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Buleleng mencapai angka 72,30.

Menurut Agus Suradnyana, capaian IPM ini melebihi target yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Buleleng Tahun 2019 sebesar 72,09. “Angka ini juga menunjukkan IPM Kabupaten Buleleng termasuk pada kategori IPM tinggi,” tegas Agus Suradnyana.

Sedangkan untuk pembangungan fisik seperti infrastruktur, Pemkab Buleleng telah memperbaiki jalan kabupaten dengan hasil kondisi mantap sebesar 76,39 persen. Hasil ini juga melampaui target RPJMD Tahun 2019 sebesar 73 persen. Begitu pula dengan irgasi yang sudah dalam kondisi mantap sebesar 74,78 persen, melebihi target RPJMD Tahun 2019 sebesar 74,72 persen.

Sementara dalam bidang pendidikan, Pemkab Buleleng meraih beberapa capaian. Di antaranya, angka melek huruf penduduk usia 15-24 tahun (perempuan dan laki-laki) tembus angka 99,81 persen. Ini sesuai dengan target RPJMD 2019. Sedangkan penduduk berusia lebih dari 15 tahun tidak buta aksara sebesar 99,79 persen. Ini melebihi target RPJMD Tahun 2019 sebesar 99,51 persen.

Sebaliknya, Angka Partisipasi Kasar (APK) SD/MI/PA mencapai sebesar 103,75 persen, jauh melebihi target RPJMD Tahun 2019 sebesar 100 persen. Demikian pula APK SMP/Mts/PB tahun 2019 tembus angka 98,12 persen. Untuk bidang kesehatan, rumah tangga yang sudah menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Buleleng tahun 2019 mencapai 83 persen. Sementara angka usia harapan hidup di Buleleng mencapai 71,68 tahun.

“Beberapa capaian tersebut menjadi acuan bagi kita untuk bekerja lebih baik lagi di tahun-tahun yang akan datang. Tentunya momen HUT ke-416 Kota Singaraja tahun 2020 ini, kita jadikan penyemangat bekerja keras untuk kesejahteraan masyarakat Buleleng,” papar suami dari anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Buleleng, I Gusti Ayu Aries Sujati Suradnyana ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra Sp OG juga mengajak masyarakat terus bisa meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan momentum HUT ke-416 Kota Singaraj ini. Dengan berbagai fasilitas kesehatan yang sudah disiapkan, tidak akan ada artinya jika masyarakat belum menerapkan PHBS di rumah masing-masing.

Menurut dr Sutjidra, hal ini diperlukan mengingat PHBS sangat membantu menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh. “Mari terus galakkan PHBS, apalagi di saat wabah Covid-19 sedang menyebar seperti sekarang. Saya juga mengucapkan Selamat HUT ke-416 Kota Singaraja tahun 2020. Tetap bersemangat, walaupun dirayakan dengan sederhana di tengah wabah yang mendera,” tandas politisi senior PDIP asal Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng ini.  *k23

loading...

Komentar