nusabali

Pasar Sasaran Utama Disinfektan Corona

  • www.nusabali.com-pasar-sasaran-utama-disinfektan-corona

GIANYAR, NusaBali
Pasar umum mesti menjadi sasaran utama pencegahan penularan wabah Covid-19 atau Corona melalui disinfektan.

Karena pasar merupakan kerumunan yang amat sulit dihindari masyarakat. Sebab pasar jadi tempat pemasok barang, terutama bahan kebutuhan pokok.  Pesan itu terungkap saat sejumlah kader PDIP Gianyar turun  membagikan ratusan hand sanitizer (cairan pembersih tangan) ke sejumlah pasar umum di Gianyar, Senin (23/3). Kegiatan ini dipimpin Sekretaris DPC PDIP Gianyar Ketut Sudarsana, bersama jajaran Fraksi PDIP DPRD Gianyar, dan kader. Dia mengakui, untuk pencegahan virus ini, siapa pun sangat sulit melarang warga berkerumun di pasar. Karena pasar dijejali ratusan pedadang dan ribuan pembeli. Dampakya, physical distancing (larangan kontak fisik) amat sulit diterapkan di pasar. ‘‘Karena itu, kami imbau Tim Penanggulangan Wabah Corona agar lebih mengutamakan pembinaan di pasar,’’ jelas politisi asal Desa Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati ini.

Karena kontak fisik antar warga sangat intens di pasar,  Sudarsana  mengharapkan warga ke pasar agar memakai masker. Para pedagang juga agar pakai hand sanitizer usai bertransaksi. Pengunjung juga juga wajib pakai hand sanitizer atau cuci tangan secara baik dan benar usai dari pasar. ‘’Jika toko modern, kasirnya harus pakai sarung tangan,’’ jelasnya.

Bagi-bagi hand sanitizer itu menyasar tujuh pasar yakni Pasar Gianyar, Pasar Ubud, Pasar Blahbatuh, Pasar Tampaksiring, Pasar Payangan, dan Pasar Tegallalang. Selain ke pasar, Sudarsana dan jajaran sempat mengunjungi RSUD Sanjiwani. Mereka memberikan dukungn moril kepada para petugas medis yang siaga penanggulangan wabah Corona.

Sementara itu, jajaran DPD II Golkar Gianyar dipimpin Ketua DPD II Dr I Made Dauh Wijana dan anggota Fraksi Golkar DPRD Gianyar, membagikan ratusan cairan hand sanitizer dalam botol kepada ratusan warga di Traffic Light,

Jalan Ngurah Rai, Gianyar. "Di saat masyarakat sedang prihatin karena wabah Corona, kami harus hadir untuk membantu masyarakat," jelas Dauh Wijana di sela sela kegiatan. 

Dauh Wijana yang didampingi Ketua Fraksi Golkar DPRD Gianyar Made Suteja, mengaku mendukung segala langkah pemerintah dalam menanggulangi virus Corona. Politisi asal Desa/Desa Tegallalang ini mendesak Fraksi Golkar untuk memperjuangkan pencairan dana darurat bencana APBD 2020 untuk membackup pencegahan wabah Corona. Dia berharap penyemprotan disinfektan tak terbatas di titik titik strategis. Karena akan percuma jika penyemprotan hanya di tempat tempat umum. ‘’Spraying ini juga harus sampai ke rumah rumah warga," tegas Sekretaris DPD I Golkar Bali ini.

Dia menginstruksikan kepada seluruh jajaran partai, anggota fraksi dan kader agar proaktif melindungi masyarakat dan diri sendiri dari ancaman virus yang mencekam ini. Salah satu caranya, laporkan kepada petugas berkompoten  jika sampai ada warga yang dicurigai terpapar virus ini.*lsa

loading...

Komentar