nusabali

Gianyar Gelar Spraying Menyeluruh

  • www.nusabali.com-gianyar-gelar-spraying-menyeluruh

GIANYAR, NusaBali
Aksi spraying (penyemprotan) disinfektan secara menyeluruh dan serentak dilakukan Satgas Penanggulangan Penyebaran Virus Covid Kabupaten Gianyar di wilayah Gianyar.

Spraying juga dilakukan secara mandiri oleh pemerintah desa, instansi, swasta maupun warga masyarakat. Seperti tampak sejak Sabtu (21/3) hingga Minggu (22/3) kemarin, sejumlah fasilitas umum seperti Pasar Umum Sukawati, Pasar Hewan Semabaung, hingga lingkungan Pura Khayangan Tiga, bale banjar, dan rumah-rumah warga, disemprot. Bupati Gianyar Made Mahayastra langsung memimpin penyemprotan jalan protocol, Minggu (23/3), di seputaran Ubud dan seputaran Pasar Sukawati.

Penyemprotan dimulai dari perempatan Catus Pata Ubud menuju Patung Arjuna Desa Peliatan, Ubud mengarah ke Banjar Kalah, Desa Peliatan,   menuju Pertamina Pengosekan. Penyemprotan ke utara melewati Objek Wisata Wanara Wana Monkey Forest.

Penyemprotan dilakukan menggunakan mobil khusus dekontaminasi biologis dan kimia dari Yonzipur 1818/YKR. Mesin di tubuh mobil ini canggih karena mampu mencampur sendiri bahan kimia yang digunakan dan bisa mengeluarkan air panas atau dingin sesuai kebutuhan penyemprotan.

Bupati Mahastra dalam kesempatan tersebut meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah pasti hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pembinaan dan sosialisasi hal-hal yang akan dilakukan pemerintah. Di samping itu,  melakukan berbagai aksi penanggulangan Covid-19 seperti penyemprotan dan perlindungan pada tenaga kesehatan. “Pemerintah telah melakukan aksi-aksi nyata penanggulangan,” terang Mahayastra.

Rencananya, Senin (23/3) ini, Bupati Mahayastra akan membagikan disinfektan ke desa-desa untuk dibagikan kepada masyarakat. “Rencana besok akan diberikan disinfektan ke semua desa untuk dibagikan kepada masyarakat. Masyarakat melakukan penyemprotan secara mandiri di rumah masing-masing,” lanjut Mahayastra.

Sebelumnya, Pemkab Gianyar juga telah melakukan penyemprotan ke los-los pasar di Ubud dan Minggu kemarin menyasar jalan, ruko pinggir jalan, dan trotoar. Ke depan Bupati Mahayastra juga akan memasang fasilitas umum seperti wastafel untuk cuci tangan di tempat umum.  

Satuan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 juga telah siap untuk bekerja 24 jam demi penanggulangan Covid-19. Hadir pula dalam penyemprotan tersebut Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun, Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, serta beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Gianyar dan sejumlah anggota DPRD Gianyar, Komandan Yonzipur 1818/YKR bersama jajarannya, dan Kapolres Gianyar bersama jajaran.

Minggu (22/3) kemarin, juga dilakukan penyemprotan di Terminal Payangan, Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, dan kawasan Pura Tirta Empul, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring. *nvi

Komentar