nusabali

Desa Muncan Punya Program Bantuan Bibit Sapi

  • www.nusabali.com-desa-muncan-punya-program-bantuan-bibit-sapi

AMLAPURA, NusaBali
Pemerintah Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, realisasikan bantuan bergulir bibit godel atau anak sapi kepada 28 warga kurang mampu di Banjar Pendem, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (20/3).

Bantuan bergulir dari dana desa itu telah dimulai sejak tahun 2017. Sistemnya, bagi hasil. Setelah sapi betina yang dipelihara penerima bantuan pertama melahirkan godel, maka godel itu milik yang memelihara. Lahir godel kedua untuk warga berikutnya.

Perbekel Muncan, I Wayan Tunas, mengatakan dengan sistem bantuan bergulir maka populasi sapi bertambah dan penerima bantuan juga bertambah. Dari 28 ekor sapi itu, sebanyak 13 ekor untuk warga Banjar Pendem, 5 ekor untuk warga Banjar Manik, 6 ekor sapi untuk krama Banjar Kaja, 3 ekor untuk krama Banjar Gunung Biau, dan 1 ekor untuk warga Banjar Meranggi. Dikatakan, di Desa Muncan ada 13 banjar, sementara warga dari 8 banjar belum kebagian bantuan bergulir.

Perbekel Wayan Tunas mengaku perguliran sapi ini bisa muntifungi. Godel setelah besar bisa berkembang biak, bisa digunakan membajak sawah, dan bernilai ekonomis. Pakan ternah mudah karena tinggal cari di ladang dan sawah. Memelihara godel juga bisa untuk investasi, setelah besar nilai jualnya tinggi dan tiap tahun bisa berkembang biak. Hanya saja memelihara godel perlu membuat kandang dan lokasinya aman, mudah dijangkau pemiliknya agar tidak hilang. *k16

loading...

Komentar