nusabali

Pulang Studi Tiru, Rombongan Kelian Banjar Disemprot Disinfektan

  • www.nusabali.com-pulang-studi-tiru-rombongan-kelian-banjar-disemprot-disinfektan

NEGARA, NusaBali
Rombongan kelian banjar/kepala lingkungan (kaling) se-Kabupaten Jembrana yang melakukan studi tiru ke Malang dan Blitar, Jawa Timur, Minggu (15/3) lalu, telah sampai di Jembrana pada Rabu (18/3) dini hari.

Sebelum dipulangkan, ratusan kelian banjar/kaling itu disemprot disinfektan di Puskesmas II Melaya, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Selain kelian banjar/kaling, para camat, sejumlah pejabat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jembrana yang ikut dalam rombongan itu juga diperlakukan sama. Setelah disemprot, rombongan juga dicek kesehatan. Tujuannya, memastikan tidak ada demam atau pun mengalami gangguan pernafasan.

Ketua Paguyuban Kelian Banjar se-Kabupaten Jembrana I Gusti Kade Aryana, berterima kasih dengan adanya spraying (penyemprotan) dan pemeriksaan kesehatan sebagai bentuk perhatian dari Pemkab Jembrana. “Ya kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sudah memperhatikan kesehatan kami. Ini merupakan bentuk perhatian bagi kami,” ujarnya.

Menurut Gusti Aryana, selama melaksanakan studi tiru ke Jawa Timur, rombongan sudah mengantisipasi tempat-tempat keramaian. Saat berkunjung ke beberapa lokasi tujuan belajar, rombongan juga dipastikan melalui pengecekan kesehatan, dan tidak ada masalah. “Dengan  ada pengecekan kesehatan itu, kami merasa lebih tenang. Tentunya, kami juga sangat berharap selalu keadaan sehat. Bisa berkumpul dengan keluarga serta melaksanakan tugas di masyarakat,” ucapnya.

Untuk diketahui, penyemprotan oleh Dinas Kesehatan Jembrana atas permintaan dari pihak bus yang mengangkut rombongan itu, juga dilakukan terhadap para sopir dan kernet. Begitu juga dilakukan penyemprotan terhadap barang bawaan termasuk 9 unit bus yang mengangkut rombongan. *ode

Komentar