nusabali

Wabup Suiasa Hadiri Piodalan Pura Taman Ayun Mengwi

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-hadiri-piodalan-pura-taman-ayun-mengwi

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa beserta jajaran Pemkab Badung melaksanakan persembahyangan bersama serangkaian karya piodalan di Pura Taman Ayun, Desa/Kecamatan Mengwi pada Buda Umanis Medangsia, Rabu (11/3).

Hadir pula Senator DPD RI yang juga Panglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung, Kepala Kandep Agama Kabupaten Badung AA Manguningrat, Kadis Kebudayaan I Gde Eka Sudarwitha, Kadis Kominfo I Gst Ngr Gede Jaya Saputra, Dirut RSD Mangusada dr I Ketut Japa, Kabag Humas Made Suardita, Kabag Pemerintahan Dewa Sudirawan, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, beserta Tripika Kecamatan Mengwi.

Wabup Suiasa melaksanakan persembahyangan bersama Panglingsir Puri Ageng Mengwi beserta jajaran pimpinan OPD Pemkab Badung. Dan sebagai wujud sradha bhakti Wabup Suiasa menyerahkan dana punia Rp 3 juta kepada Pamangku Pura Taman Ayun IB Suryana.

Piodalan di Pura Taman Ayun berlangsung setiap 210 hari sekali atau enam bulan sekali (sesuai Kalender Bali). Rangkaian piodalan di Pura Taman Ayun telah berlangsung pada Anggara Kliwon Medangsia, Selasa (10/3). Piodalan ini akan berlangsung atau nyejer selama 3 hari sampai dengan Sukra Pon Medangsia, Jumat (13/3).

AA Gde Agung selaku pangrajeg menuturkan, pada Soma Wage Medangsia, Senin (9/3) bertepatan dengan Purnama Kesanga telah dilaksanakan upacara Melaspas Candi yang berumur ratusan tahun setelah rampung restorasi. “Di saat yang bersamaan kami juga melaunching Museum Budaya Taman Ayun yang memajang foto, maket, serta pemutaran film mini teater yang menampilkan kegiatan yang ada di Pura Taman Ayun dan Puri Ageng Mengwi,” ujarnya.

Piodalan di Pura Taman Ayun disanggra oleh 38 desa adat yang ada di Kecamatan Mengwi yang tergabung dalam wadah Mangu Kertha Mandala. Sebelum piodalan, Mangu Kertha Mandala sudah menggelar rapat untuk membagi tugas dan tanggung jawab terkait pelaksanaan upacara piodalan di Pura Taman Ayun. Pada puncak piodalan, Desa Adat Mengwi dan Cemenggon melaksanakan kegiatan mapeed dan selanjutnya akan dilakukan hal yang sama oleh Adat Sading dan Mengwitani.

Wabup Suiasa mengatakan, Pemkab Badung beserta jajaran melaksanakan persembahyangan bersama yang bertujuan untuk mendoakan dan memohon anugerah ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar semesta dan isinya diberikan perlindungan dan diberikan sinar suciNya. “Terlebih saat ini Badung khususnya dalam suasana prihatin di tengah banyaknya cobaan yang terjadi di dunia, seperti penyebaran virus Corona dan kasus kematian babi yang telah memberikan dampak buruk bagi para peternak,” ujarnya.

“Dengan upacara ini semoga kita diberikan anugerah agar semua cobaan ini segera berlalu dan keadaan menjadi normal kembali. Dengan doa dan usaha astungkara kita akan menjadi lebih baik,” harap Wabup Suiasa. *

Komentar