nusabali

Bandara Berencana Pasang Thermal Scanner di Terminal Kedatangan

Antisipasi Penyebaran Virus Corona Lewat Jalur Domestik

  • www.nusabali.com-bandara-berencana-pasang-thermal-scanner-di-terminal-kedatangan

MANGUPURA, NusaBali
Guna mengantisipasi masuknya virus Corona ke Pulau Dewata, stakeholder Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung berencana memasang thermal scanner di terminal kedatangan domestik.

Hal itu terungkap dari hasil rapat internal dari stakeholder bandara pada Minggu (8/3) sore. Informasi yang dihimpun, rapat yang digelar stakeholder bandara pada Minggu sore pukul 16.00 Wita dalam rangka peningkatan pencegahan dan pengawasan Covid-19 melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Rapat yang dilaksanakan di Ruang AOCC Terminal Kedatangan Internasional dihadiri oleh perwakilan dari Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV, Manajemen Angkasa Pura I, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), airlines, ground handling, dan kepolisian.

“Memang ada rapat terkait penanganan Covid-19, kemarin (Minggu), utamanya melalui Bandara Internasional Ngurah Rai. Ada beberapa poin dalam rapat itu yang akan dilakukan terkait upaya pencegahan,” beber sumber di lingkup Bandara Internasional Ngurah Rai, Senin (9/3) siang.

Adapun beberapa poin yang dibahas dalam rapat itu, pertama terkait pembahasan rencana pengadaan/penambahan thermal scanner (fixed/portable) di area terminal kedatangan domestik ataupun rekayasa antrean penumpang. Kedua, perlu penambahan personel pemeriksa kesehatan (KKP) di area kedatangan domestik dan petugas pemeriksa suhu badan. Ketiga, perlu dasar hukum dari regulator terkait incase ada penumpang yang menolak untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan (pengukuran suhu tubuh). Keempat, akan diadakan rapat reguler setiap hari untuk evaluasi. Kelima, hasil dari rapat ini akan disampaikan pada rapat pembentukan tim jendali Covid-19 selanjutnya. “Kalau untuk poin keempat dan kelima itu bagian dari evaluasi dan rencana pembentukan tim ini,” beber sumber NusaBali.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Elfi Amir mengakui terkait rencana pemasangan thermal scanner di terminal kedatangan domestik Bandara Ngurah Rai. Rencana itu pun masih dimatangkan lagi dengan pihak lainnya. Hal ini, lanjut Elfi Amir, semata untuk mencegah masuknya Covid-19 atau virus Corona masuk ke Bali.

“Karena bandara sebagai pintu masuk, tentu kita melakukan berbagai antisipasi untuk pencegahan virus itu. Sehingga, nantinya di terminal domestik juga akan dilakukan pemasangan alat pendeteksi suhu tubuh,” tutur Elfi Amir. *dar

Komentar