nusabali

Ulang Tahun saat Valentine, Dapat SIM Gratis

  • www.nusabali.com-ulang-tahun-saat-valentine-dapat-sim-gratis

Spesial memaknai hari Kasih Sayang Valentine pada Jumat (14/2) mendatang, Polres Gianyar buat inovasi pelayanan.

GIANYAR, NusaBali

Masyarakat kelahiran 14 Februari difasilitasi bisa dapat Surat Izin Mengemudi (SIM) secara cuma-cuma alias gratis. Baik penerbitan SIM baru maupun perpanjangan. Tapi, masyarakat pemohon SIM tetap harus melalui tahapan yang berlaku.

Kasatlantas Polres Gianyar, AKP Laksmi Trisna Dewi Wieryawan Rabu (12/2) menjelaskan inovasi ini dicetuskan Polres Gianyar dibawah komando Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana. Program ini diselenggarakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki SIM bagi pengendara.

Adapun tahapan yang harus dilalui seperti proses penerbitan SIM pada umumnya. Yakni melampirkan fotokopi KTP, surat keterangan sehat dan psikologi dari dokter dan psikolog. Setelah itu pemohon mengikuti ujian teori dan praktek. "Bila sudah melewati semua persyaratan itu maka pengendara telah memiliki kompetensi dalam berkendara sesuai dengan golongan SIM yang dimiliki dan mendapatkan SIM gratis," katanya.

Hal senada juga berlaku untuk perpanjangan SIM, digratiskan untuk warga yang lahir pada 14 Februari. "Selain tanggal lahir itu, dikenakan biaya normal. Karena ini dalam rangka Valentine Day, sehingga programnya khusus untuk pemohon yang lahir 14 Februari sesuai KTP," tegasnya.

Dikatakan pihaknya sengaja memilih momen Valentine sebagai wujud kasih sayang Polri kepada masyarakat. "Alasannya karena kami dari Satlantas Polres Gianyar dalam setiap pelaksanaan tugas di lapangan berupa sosialisasi tertib berlalulintas, pelayanan kepada masyarakat, bahkan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas merupakan wujud kasih sayang kami kepada masyarakat," ucapnya.

Kasat Lantas Polres Gianyar juga mengungkapkan bahwa program special Valentine ini bukan berarti pencarian SIM digratiskan dari pusat, melainkan dalam satu hari itu biaya pencarian SIM di subsidi oleh Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana. "Ini disubsidi oleh bapak Kapolres Gianyar, jadi bukan gratis sembarangan, pemohon wajib melengkapi persyaratan," jelasnya.

Ditegaskan program ini hanya untuk pemohon yang membuat SIM baru atau perpanjangan pada Jumat 14 Februari 2020. AKP Laksmi berharap kedepan masyarakat Gianyar semakin memahami pentingnya disiplin dalam berkendara sehingga dapat membudayakan tertib berlalu lintas di Kabupaten Gianyar. *nvi

loading...

Komentar