nusabali

Belanja Bahan Pakan Ternak Gagal Tender

  • www.nusabali.com-belanja-bahan-pakan-ternak-gagal-tender

Belanja bahan pakan ternak untuk Sentra Ternak Sobangan di Desa Sobangan, Kecamatan Mengwi, mengalami gagal tender.

MANGUPURA, NusaBali

Alhasil, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung harus melakukan tender ulang setelah tender pertama belum mendapatkan pemenang sesuai kualifikasi yang ditentukan.

Tender ulang telah dibuka sejak 21 Januari 2019. Tender akan resmi ditutup pada 6 Februari 2020 mendatang. Menariknya, pagu anggaran berkurang dari tender pertama. Jika pada tender pertama pagu sekitar Rp 2,5 miliar, namun pada tender ulang pagu anggaran menjadi sekitar Rp 2,4 miliar.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, membenarkan tender bahan pakan ternak yang dilakukan pertama kali pada 19 Desember 2019 hingga 3 Januari 2020 mengalami kegagalan. “Betul, sempat gagal lelang (tender) karena penyedia tidak memenuhi persyaratan. Tapi sekarang tender kedua sedang dalam proses,” katanya, Senin (3/2).

Mantan Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setda Badung ini berharap pada tender ulang ini bisa berjalan lancar, sehingga segera keluar pemenang untuk penyedia pakan ternak di Sentra Ternak Sobangan tahun 2020. “Mudah-mudahan segera ada pemenang lelang yang memenuhi syarat,” tegasnya.

Disinggung ketersediaan pakan ternak saat ini, mengingat proses tender masih berjalan, Wijana menegaskan telah mengantisipasi dengan melakukan pengadaan secara langsung. “Sudah kita antisipasi untuk tiga bulan. Sesuai saran dari ULP (Unit Layanan Pengadaan), kami lakukan pengadaan langsung. Sebab, kalau menunggu pemenang lelang, kami tidak punya pakan untuk sapi yang jumlahnya ratusan ekor,” paparnya.

Kabid Produksi Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Gede Rama Bargawa, menambahkan dalam pengadaan langsung telah menunjuk pihak penyedia yang telah menyediakan pakan ternak selama tahun 2019.

“Jadi, penyedia yang tahun 2019 dulu yang kami tunjuk. Setelah proses tender, nanti siapa pemenangnya itulah yang akan menyediakan berikutnya,” imbuh Rama.

Mengenai anggaran untuk pengadaan langsung, Rama mengaku diambil dari pagu anggaran yang pertama. Namun, berapa nilainya dia mengaku tidak hafal. “Yang jelas bulan Januari hingga Maret 2020, untuk pakan ternak kami pengadaan langsung. Anggarannya diambil dari pagu anggaran yang sebelumnya,” tandasnya.

Untuk diketahui, Sentra Ternak Sobangan secara khusus melakukan pembibitan sapi Bali. Jumlahnya sekitar 288 ekor indukan sapi dan 50 ekor anakan. Anakan sapi tersebut disebarkan lagi kepada kelompok-kelompok ternak untuk dikembangkan. *asa

loading...

Komentar