nusabali

SBY dan Kepala BIN Diundang Hadiri Atraksi Genjek 16.361 Penari

  • www.nusabali.com-sby-dan-kepala-bin-diundang-hadiri-atraksi-genjek-16361-penari

Atraksi Genjek Kolosal yang digagas Gerakan Masyarakat Terpadu (GMT) Karangasem, Rabu (10/8) besok, hampir dipastikan akan jadi tontotan spektakuler.

SBY Diagendakan Transit Dulu ke Rumah Bupati Mas Sumatri

AMLAPURA, NusaBali
Selain melibatkan 15.361 penari, atraksi genjek kolosal yang digelar di Taman Sukasada Ujung, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem nanti juga dihadiri sederet pejabat dari pusat. Termasuk Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso.

Ketua Panitia Atraksi Genjek Kolosal 15.361 Penari, Ida Made Alit, menyatakan Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto dan Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, juga diundang hadir dalam acara yang diagendakan besok sore mulai pukul 15.00 Wita. Kwartet SBY-Sutiyoso-Setya Novanto-Basuki sudah memastikan akan hadir.

Bukan hanya itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhajir Effendy, juga diu-ndang menghadiri Atraksi Genjek Kolosal 15.361 Penari, yang untuk kali pertama digelar dan dicanangkan dapat penghargaan Muri (Museum Rekor Indonesia). Tapi sayang, Mendikbud berhalangan hadir.

“Hanya empat undangan VVIP dari pusat yang memastikan hadir (SBY, Sutiyoso, Setya Novanto, Basuki). Rencananya, acara akan dibuka langsung oleh Pak SBY,” ungkat Ida Made Alit di sela-sela acara gladi Atraksi Genjek Kolosal 15.361 Penari di Taman Sukasada Ujung, Senin (8/8).

Ida Made Alit memaparkan, Atraksi Genjek Kolosal 15.361 Penari bukanlah persembahan Pemkab Karangasem, melainkan digagas GMT Karangasem pimpinan I Gusti Made Tusan, suami dari Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri. Biaya penyelenggaraan genjek kolosal ini juga dari swadaya. Atas dasar itulah, SBY yang notabene Ketua Umum DPP Demokrat didaulat mem-buka atraksi genjek kolosal tersebut. Syaratnya, tidak boleh ada atribut partai di sepanjang jalur menuju Taman Sukasada Ujung, walaupun yang membuka acara adalah Ketua Umum DPP Demokrat.

Menurut Ida Made Alit, selayaknya masyarakat Karangasem bangga karena acara yang digelar untuk menyongsong HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan RI berkenan dihadiri tokoh-tokoh nasional sekelas SBY, Setya Novanto, dan Sutiyoso. Tak pelak, acara nanti menjadi daya pikat tersendiri. “Kehadiran tokoh sekelas SBY diharapkan mampu memacu semangat beralas ribu penari genjek kolosal yang nantinya memadati Taman Sukasada Ujung,” katanya.

Sementara itu, Koordinator GMT Karangasem, I Gusti Made Tusan, mengaku tidak menyangka inovasi yang digagasnya mendapatkan perhatian nasional. Apalagi, empat tokoh nasinal seperti SBY berkenan hadir. Menurut IGM Tusan, SBY-Sutiyoso cs terlebih dulu akan transit di Rumah Jabatan Bupati Karangasem di Banjar Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, sebelum bersama-sama menuju Taman Sukasada Ujung.

“Kalau Pak Sutiyoso sudah sempat mampir ke rumah saya ketika sebelum jadi masih jadi Ketua Umum DPP PKPI, sebelum menjabat sebagai Kepala BIN. Kedatangannya kala itu untuk memberikan dukungan kepada istri saya (IGA Mas Sumatri) selaku calon Bupati Karangasem di Pilkada 2015,” kenang suami dari Bupati Mas Sumatri ini.

Dalam Atraksi Genjek Kolosal 15.361 Penari besok sore, pementasan akan dibagi menjadi 11 titil lokasi di Taman Sukasada Ujung. Para Kepala Desa (Perbekel) se-Karangasem sudah terjun ke lokasi untuk melihat denah pementasan dan sekaligus gladi, Senin kemarin.

Belasan ibu penari yang akan terlibat dalam atraksi genjek kolosal besok sore didominasi kalangan siswa, yang digalang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem. Siswa yang dilibatkan mencapai sekitar 4.000 orang. Selebihnya, penari utusan dari masing-masing kecamatan, selain juga 200 penari inti genjek. GMT Karangasem dan SKPD Pemkab karangasem sendiri juga menerjunkan 1.411 penari. * k16

Komentar