nusabali

RSD Mangusada Turut Waspada Virus Corona

  • www.nusabali.com-rsd-mangusada-turut-waspada-virus-corona

Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada Kabupaten Badung turut melakukan sosialisasi secara masif ‘Waspada Corona’.

MANGUPURA, NusaBali

Rumah sakit milik Pemkab Baudng ini juga sedang menyiapkan media informasi bagi masyarakat baik melalui video, website, dan sarana media sosial lainnya, supaya masyarakat mendapatkan lebih banyak informasi terkait Virus Corona.

Kasi Humas RSD Mangusada Putu Widiastuti, menegaskan pihak rumah sakit sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk sama-sama mencegah kasus yang kini merebek di China yakni virus Corona. “Jadi, untuk saat ini, kami melakukan sosialisasi secara masif terkait virus Corona ini. Untuk penanganan jika ada pasien suspect tetap ditangani sesuai SPO yang berlaku, yakni merujuk pada RS rujukan yakni RSUP Sanglah, Denpasar,” katanya, Minggu (26/1).

“Humas juga sedang menyiapkan media informasi bagi masyarakat melalui video, website, dan sarana media sosial lainnya. Intinya, kita semua waspada, jika ada pasien dengan gejala yang sama (dengan orang yang terjangkit virus Corona, Red), namun tidak ada riwayat datang dari daerah endemi China, kami tangani sesuai SPO penanganan pada umumnya,” lanjutnya.

Saat ini yang sudah dilakukan adalah pihak rumah sakit telah menyebarluaskan tentang virus Corona kepada seluruh staf. Begitu juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana baik di IGD dan rawat inap. “Rumah sakit juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dan Provinsi Bali. Bila ada kasus suspect maka dilakukan rujukan ke RSUP Sanglah,” papar Widiastuti.

Disinggung apakah RSD Mangusada memiliki ruang isolasi khusus, Widiastuti mengiyakan. “Iya ada (ruang isolasi). Tetapi untuk penanganan pasien yang suspect virus Corona tetap harus koordinasi lagi ke RSUP Sanglah,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung dr  Nyoman Gunarta, menegaskan jika di Badung akan mengikuti segala ketentuan yang diinstruksikan oleh Pemerintah Provinsi Bali. “Kami di Badung tentu mengikuti apa yang sudah ditentukan terkait kebijakan penanganan kasus virus Corona,” katanya. *asa

Komentar