nusabali

Hari Ini, 103 Perahu Arungi Laut Buleleng

  • www.nusabali.com-hari-ini-103-perahu-arungi-laut-buleleng

103 perahu layar dari berbagai daerah di Buleleng, Selasa (9/8) ini, akan mengarungi sepertiga laut Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali
Kegiatan itu serangkain lomba perahu layar untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71. Lomba akan mengambil start di Pantai Kerobokan, Desa Kerobokan dan finish di Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Buleleng.

Dalam pelaksanaan lomba perahu layar ke tiga kalinya ini, Dinas Perikanan dan Kelautan Buleleng bermaksud melestarikan warisan bahari tradisional perupa perahu layar yang tidak menggunakan mesin dan ramah lingkungan. Pesertanya tahun ini mengalami lonjakan drastis dari jumlah peserta tahun lalu yang hanya berjumlah 83 peserta.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Buleleng, Ni Made Arnika, Senin (8/8), mengatakan setiap perahu layar akan dikendalikan oleh dua orang nelayan. Pihaknya membebaskan besar layar yang akan digunakan oleh para nelayan tersebut. Mereka nantinya akan menempuh jarak 15 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh selama 1,5 jam. “Melalui kegiatan ini kami ingin bangkitkan kembali semangat kemerdekaan dengan perjuangan menempuh jarak yang cukup jauh di tengah laut,” ujar Arnika.

Kata dia, lomba ini jadi khas karena harus ada keahlian para nelayan untuk membaca arah angin. ‘’Nelayan yang paling tanggap memanfaatkan arah angina, dialah yang akan juara,’’ jelas Arnika.

Untuk penyelenggaraan lomba tahun ini, Arnika mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi tekait. Guna mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi dalam pelaksanan lomba, pihaknya telah mengasuransikan seluruh peserta lomba. Sebelum mengambil start, seluruh peserta juga akan menjalani cek kesehatan untuk memastikan peserta dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. “Karena lomba ini memerlukan tenaga yang besar, pesertanya wajib dalam keadaan sehat dan prima,” imbuh dia. * k23

Komentar