nusabali

Tiga Guru Promosi, Tiga Kasek Dirotasi

  • www.nusabali.com-tiga-guru-promosi-tiga-kasek-dirotasi

Satu-satunya Kasek SMP negeri yang telah bertugas di seluruh SMP di dalam satu kecamatan yakni I Nengah Sikiarta.

AMLAPURA, NusaBali

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menggelar mutasi kepala sekolah (kasek) pada Senin (7/1) lalu. Sebanyak tiga guru SMP dipromosikan jadi kasek, sedangkan tiga kasek SMP dirotasi tetap dengan jabatan kasek. Tiga guru promosi menjabat kasek karena telah lama menduduki posisi wakasek dan golongannya memenuhi syarat. Mereka yang promosi juga sudah mengikuti pendidikan calon kepala sekolah.

Ketiga guru yang dipromosikan yakni I Putu Setiabudi SPd MSi, guru SMPN 1 Amlapura menjabat Kasek SMPN 6 Abang. I Gede Mahendra Segantara, guru SMPN 2 Bebandem menjabat Kasek SMPN 3 Abang, dan I Komang Gede Sudarsana, guru SMPN 1 Bebandem menjabat Kasek SMPN 3 Selat. Sedangkan tiga kasek dirotasi yakni Ni Wayan Parwati Kasek SMPN 2 Manggis dimutasi jadi Kasek SMPN 1 Bebandem, I Nengah Sikiarta Kasek SMPN 3 Selat dimutasi jadi Kasek SMPN 1 Selat, dan Ida Wayan Sugata Kasek SMPN 3 Abang jadi Kasek SMPN 2 Abang. “Mutasi ini untuk penyegaran,” ungkap Kadisdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, Senin (20/1).

Sedangkan yang berstatus guru SMP negeri yang dimutasi sebanyak 30 orang. Di samping penyegaran, mutasi untuk mendapatkan jam mengajar. “Tetap acuannya penyegaran tempat kerja, di samping guru-guru yang telah lulus sertifikasi agar dapat jam mengajar minimal 24 jam. Sehingga tunjangan sertifikasinya bisa dibayar,” jelas Gusti Ngurah Kartika. Selama ini sejumlah sekolah kesulitan mengatur jam mengajar. Ada yang kelebihan guru mata pelajaran sehingga perlu dimutasi. Meski Kasek SMP negeri, tetap diberlakukan mengajar nol jam, fokus mengurus bidang manajerial sekolah, terutama menyangkut laporan administrasi dan lainnya.

Satu-satunya Kasek SMP negeri yang telah bertugas di seluruh SMP di dalam satu kecamatan yakni I Nengah Sikiarta. Mengawali karir sebagai Kasek SMPN 2 Selat dimutasi jadi Kasek SMPN 3 Selat, dan terakhir jadi Kasek SMPN 1 Selat. “Masak terus bertugas di satu tempat. Ini merupakan tantangan untuk menciptakan prestasi siswa dan kemajuan sekolah,” ungkap Nengah Sikiarta. *k16

loading...

Komentar