nusabali

Calon Mahasiswa, Cek Fakta Terbaru SNMPTN 2020

  • www.nusabali.com-calon-mahasiswa-cek-fakta-terbaru-snmptn-2020

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2020 resmi dibuka.

JAKARTA, NusaBali

Calon peserta diwajibkan membuat akun dan mendaftar di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Para pendaftar kini sudah dapat mengunjungi laman resmi SNMPTN 2020 untuk mengecek daftar nama PTN beserta program studi yang ditawarkan.

"SNMPTN adalah salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki pergururan tinggi negeri (PTN). SNMPTN dilakukan bedasarkan hasil penulusuran hasil prestasi akademik dan non akademik," tulis akun instagram resmi Kemendikbud RI dilansir okezone.com.

Di bawah ini telah dirangkum fakta terkini terkait SNMPTN 2020 mulai dari tanggal pendaftaran hingga langkah-langkah pendaftaran pada, Minggu (19/1).

1. Pendaftaran SNMPTN Berlangsung Selama 2 Minggu
Pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan jadwal pendaftaran SNMPTN akan dilaksanakan pada 14 - 27 Februari 2020.

2. Tahap Penyeleksian Pada Akhir Febuari, Pengumuman Pada Awal April
Tahap seleksi akan dilangsungkan pada 28 Febuari hingga 3 April 2020. Sedangkan untuk pengumuman hasil seleksi akan jatuh pada tanggal 4 April 2020.

3. Sekolah Dibagi Jadi 3 Golongan
Berdasarkan Akreditasi Untuk Pendaftaran SNMPTN. Tidak semua siswa dapat mendaftarkan dirinya untuk mengikuti SNMPTN. Nantinya, setiap sekolah akan dibedakan menjadi 3 golongan melalui akreditasi sekolah.

Bagi sekolah yang akreditasi A maka akan menerima sebanyak 40% siswa terbaiknya, akreditasi B akan menerima sebanyak 25% siswa terbaik di sekolahnya, dan untuk akreditasi C hanya menerima sekitar 5% siswa terbaiknya saja.

4. Syarat dan Ketentuan SNMPTN 2020
Syarat utama adalah SMA/MA/SMK memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Setelahnya harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

5. Pendaftaran SNMPTN 2020
Langkah pertama bagi siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT adalah login ke laman SNMPTN 2020 dengan menggunakanNISN dan password untuk selanjutnya melakukan pendaftaran. Langkah kedua, siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Langkah ketiga, bagi siswa pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman. Langkah terakhir, siswa pendaftar harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. *

Komentar