nusabali

Unud Terima 3.104 Calon Mahasiswa Baru

Jalur SNBT, Total Peminat 21.895 Orang

  • www.nusabali.com-unud-terima-3104-calon-mahasiswa-baru

Jalur SNBT berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.

MANGUPURA, NusaBali
Universitas Udayana (Unud) menerima 3.104 calon mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Diploma melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023, dari total peminat sebanyak 21.895 orang.

Hasil SNBT 2023 telah diumumkan melalui portal resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada Selasa (20/6) pukul 15.00 WIB.
Pengumuman hasil seleksi jalur SNBT 2023 disampaikan melalui laman utama pengumuman hasil seleksi jalur SNBT 2023, yaitu https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Selain pada laman utama SNPMB, pengumuman juga bisa diakses pada 37 laman mirror pengumuman hasil seleksi jalur SNBT 2023.

Seluruh calon mahasiswa baru Unud melalui jalur SNBT ini tersebar pada 13 fakultas yang ada di perguruan tinggi tertua di Bali terebut. “Dari total calon mahasiswa yang diterima, 507 orang di antaranya merupakan peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah,” ujar Juru Bicara Unud Putu Ayu Asty Senja Pratiwi, Kamis (22/6).

Jalur seleksi SNBT berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah melalui tes skolastik yang mengukur empat hal, yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.

SNBT sendiri merupakan satu dari tiga jalur penerimaan mahasiswa baru Program Diploma dan Program Sarjana pada perguruan tinggi negeri. Sebelumnya Unud telah menerima 2.157 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Setalah menerima calon mahasiswa baru dari jalur SNBT, Unud juga saat ini telah membuka pendaftaran melalui jalur Mandiri.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBT selanjutnya wajib melakukan registrasi melalui laman https://e-registrasi.unud.ac.id/auth/login untuk pengisian Form Uang Kuliah Tunggal (UKT) selambat-lambatnya sampai dengan 28 Juni 2023 pukul 16.00 Wita. Selanjutnya hasil penentuan kelompok UKT akan diumumkan pada 30 Juni 2023 melalui laman http://www.unud.ac.id.

Khusus bagi calon mahasiswa yang lulus melalui jalur KIP kuliah, ada dokumen tambahan yang discan dan diunggah ke sistem https://bitly/Pengumuman KIP-K 2023 paling lambat 27 Juni 2023.

“Setelah menyelesaikan tahap pertama baru kemudian calon mahasiswa baru melakukan registrasi online dan melakukan pembayaran UKT,” kata Senja Pratiwi. 7 cr78

Komentar