nusabali

Cok Ace: Produksi Lokal Perlu Dilindungi Perda

  • www.nusabali.com-cok-ace-produksi-lokal-perlu-dilindungi-perda

Keberadaan Perda dimaksudkan juga untuk melindungi hasil produksi warga lokal yang memiliki jaringan ekspor luar negeri.

DENPASAR, NusaBali.com
Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menyampaikan perlunya Peraturan Daerah (Perda) untuk mengatur sekaligus melindungi hasil produksi warga lokal yang memiliki jaringan ekspor luar negeri. Hal ini disebut sebagai upaya memajukan perekonomian dengan memperjuangkan aspek legalitas dan hukum.

Cok Ace mencontohkan dengan diberlakukannya Pergub Nomor 79 Tahun 2018, tentang Hari Penggunaan Pakaian Adat Bali memberikan efek positif bagi pedagang kecil dan menengah sebesar 49%. "Sehingga nantinya perlu diupayakan pembuatan payung hukum bagi pelaku industri UMKM," ujarnya, Selasa (14/1/2020) di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP A, Denpasar.

Pasalnya, perekonomian Bali selain bertumpu pada sektor pertanian dan sektor pariwisata, juga bertumpu pada sektor industri kecil dan menengah. "Tingginya perkembangan pasar internasional di Bali tidak menutup kemungkinan adanya penyelundupan barang-barang ilegal, seperti narkoba, senjata api, serta barang-barang lain yang berasal dari luar negeri masuk ke Bali ataupun sebaliknya," sambungnya.

Untuk mewujudkan itu, Pemerintah Provinsi Bali telah mengatur 22 misi mengembangkan produk dan destinasib baru dengan memberdayakan sumber daya lokal. Misi ini disebut untuk mendukung pertumbuhan industri kecil dan menengah yang dikemas dengan branding Bali untuk memperkuat kemitraan krama Bali.

Sementara itu, Kepala KPPBC TMP A Denpasar, Kusuma Santi Wahyuningsih mengatakan KPPBC TMP A Denpasar memiliki peran sentral dalam meningkatkan ekspor, investasi dan industri Bali melalui berbagai pengaturan dan pengembangan infrastruktur penunjang. "Jika layanan Kepabeanan dan Cukai baik dan lancar, maka investor juga akan mempercayakan investasi untuk atau perdagangan," ucapnya

Berikutnya penerimaan pajak akan semakin meningkat dan dapat digunakan semaksimal mungkin. Ia menambahkan faktor pengawasan juga tidak luput untuk diperhatikan. "Selain itu KPPBC TMP A Denpasar memiliki peran sentral dalam meningkatkan ekspor, investasi dan industri Bali," tutupnya.*has

loading...

Komentar