nusabali

Ria Irawan Masih Sempatkan Diri ke Bali

  • www.nusabali.com-ria-irawan-masih-sempatkan-diri-ke-bali

Berjuang melawan kanker, Ria tetap tersenyum hingga akhir hayatnya

JAKARTA, NusaBali

Aktris senior Ria Irawan meninggal dunia Senin (6/1) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta pada pukul 04:00 WIB, usai azan subuh. Ria mengembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan kanker dan tumor otak selama bertahun-tahun.

Menurut suami Ria Irawan, Mayky Wongkar, istrinya meninggal dunia setelah paru-paru Ria terendam cairan. Cairan tersebut muncul lantaran sel kanker yang menyebar ke organ paru-paru Ria.

"Jadi, dia bernapas pun sudah susah enggak kayak orang normal, parunya enggak bisa mompa, kalau napas kayak ada suara air gitu," ucap Mayky dengan mata sembap di rumah, seperti dikutip dari kompas, Senin (6/1).

Menjalani perawatan selama bertahun-tahun membuat wanita kelahiran Jakarta, 24 Juli 1969 ini merasa capek. "Dia (Ria Irawan) bilang kalau sudah capek," tambah Mayky.

Mayky mengakui bahwa dengan kondisi seperti itu, tim dokter yang menangani Ria sudah menyatakan bahwa kondisi Ria sudah tak memungkinkan untuk bertahan. Bahkan, kata Mayky, Ria juga sempat mengatakan bahwa umurnya sudah tak lama lagi. " Ria sendiri juga merasa 'mungkin (umur) gue bentar lagi," ujar Mayky.

Setelah dimandikan di rumah sakit, jenazah almarhumah langsung dibawa ke rumah duka. Tampak para rekan dan sahabat Ria mulai berdatangan ke rumah duka. Di antaranya ada Ine Febriyanti, Rano Karno, Irfan Hakim, Chaca Frederica, Tora Sudiro sampai mantan suami almarhumah, Yuma Wiranatakusumah tampak hadir di rumah duka yang bertempat di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Wajah Ria Irawan tampak tersenyum seolah sudah tak merasakan lagi deraan rasa sakit yang dialaminya selama bertahun-tahun.

Di tengah perjuangannya menghadapi kanker, Ria berusaha tak menunjukkan rasa sakitnya.

"Dia kalau ada teman-temannya datang berusaha ceria. Dia nggak mau nunjukin wajah sedihnya," kata Dewi Irawan, sang kakak, seperti dikutip dari detik.

Sebelum meninggal dunia, Ria sempat menikmati liburan di Bali. Bersama Dewi Irawan, Ria terlihat menikmati liburannya di Pulau Dewata. Beberapa momen tersebut terlihat dalam Instagram Dewi Irawan.

Rano Karno dengan mata berkaca-kaca turut memberikan ucapan duka cita atas kepergian Ria Irawan yang diketahuinya pagi tadi. “Ya Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun telah berpulang adik kita tercinta yang selalu saya panggil adinda Ria. Buat saya ini yang terbaik setelah sekian tahun,” kata Rano Karno berkaca-kaca.

Sementara itu, artis senior Jajang Pamuntjak mengatakan Ria adalah salah artis peran terbaik di dunia film Indonesia.

"Salah satu aktor Indonesia terbaik, tapi dia (Ria Irawan) juga salah satu artis yang hatinya baik," ucap Jajang di rumah duka.

Jajang mengatakan bahwa Ria adalah orang yang punya berbagai sifat positif. Menurut Jajang, hal itulah yang membuat Ria terlihat berbeda.

"Hatinya riang, pemberani sekali, penuh integritas, itu Ria. Dia spesial, sangat spesial," ucapnya. Jenazah akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Hal itu terlihat dari papan pengumuman yang berada di rumah duka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Seperti diketahui, pemilik nama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan ini pada 2014 lalu pernah divonis mengidap kanker endometroim stadium 3 C. Setelah sempat dinyatakan bersih, nyatanya di tahun 2017, sel kanker Ria keluar lagi didiafragma dan sudah menyebar ke bagian paru-paru.

Setelah keluar masuk rumah sakit, menurut Dewi Irawan, kondisi kesehatan Ria memang dikabarkan kembali menurun jelang akhir tahun 2019. Pada 19 November 2019, Ria Irawan kembali dirawat di RSCM. *

loading...

Komentar