nusabali

Bupati Badung Mendadak Geser 4 Pejabat Eselon II

  • www.nusabali.com-bupati-badung-mendadak-geser-4-pejabat-eselon-ii

Di tengah proses lelang (seleksi terbuka) Jabatan Tinggi Pratama yang dilakukan Tim Panitia Seleksi (Pansel), Bupati I Nyoman Giri Prasta tiba-tiba memutasi empat pejabat Eselon IIb, Senin (23/12).

MANGUPURA, NusaBali

Termasuk di antaranya I Putu Eka Merthawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung yang digeser menjadi Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (KB), dan Perlindungan Anak.

Selain Putu Eka Merthawan, pejabat Eselon IIb yang juga dimutasi, meliputi pertama, dr I Gede Putra Suteja. Kadis Kesehatan Kabupaten Badung ini digeser menjadi Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Badung. Kedua, I Putu Gede Sridana, Kadis PMD Badung yang digeser menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik. Ketiga, I Wayan Weda Dharmaja, Kadis Kominfo Badung yang digeser menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM.

Pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat hasil mutasi kemarin dilakukan langsung Bupati Giri Prasta di Ruang Kriya Gosana Pusat Pemerintahan (Puspem) Badung, Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi.

Pada saat bersamaan, Bupati Giri Prasta juga mengukuhkan kembali 7 pejabat Eselon IIb lingkungan Pemkab Badung. Pertama, I Ketut Widia Astika yang dilantik kembali menjadi Kadis Pendidikan-Kepemudaan-Olahraga (Dikpora) Badung, Kedua, IB Oka Dirga yang dilantik jadi Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Badung. Ketiga, I Gede Wijaya yang dilantik menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Badung.

Keempat, I Nyoman Suendi yang dilantik menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Badung. Kelima, Luh Suryaniti yang dilantik menjadi Kepala Inspektorat Kabupaten Badung. Keenam, IB Surya Suamba yang dilantik menjadi Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung. Ketujuh, IB Yoga Segara yang dilantik menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Badung.

Selain itu, Bupati Giri Prasta juga melantik dan mengambil sumpah jabatan 5 pejabat Eselon IIIa (Administrator), 9 pejabat Eselon IIIb (Administrator), 9 pejabat Eselon IV a (Pengawas), dan 9 Pejabat Fungsional. Acara pelantikan tersebut dihadiri pula Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, dan segenap Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Badung.

Sejauh ini, belum ditentukan siapa yang ditunjuk jadi Pelaksana Tugas (Plt) untuk 4 jabatan lowong yang ditinggalkan oleh pejabat yang dimutasi Bupati Giri Prasta, Senin kemarin. Informasinya SK Penunjukan Plt sudah langsung diproses di BKPSDM Badung, Senin kemarin.

Yang jelas, keempat pejabat Eselon IIb yang dimutasi kemarin menempati jabatan baru yang sebelumnya lowong. Kadis Pengendalian Penduduk, KB, dan Perlindungan Anak sebelumnya lowong pasca ditinggal pensiun oleh Putu Rianingsih. Kadis Kesehatan dr Gede Putra Suteja sempat ditunjuk merangkap jadi Plt Kadis pengendalian Penduduk, sebelum akhirnya Putu Eka Mertgawan dimutasi sebagai pejabat definitif kemarin.

Sedangkan posisi Asisten II Bidang Ekbang Setdakab Badung sebelumnya lowong pasca pensiunnya Dewa Made Apramana, sebelum kemudian dr I Gede Putra Suteja dilantik menjadi pejabat definitif, Senin kemarin. Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik sebelumnya lowong pasca pensiunnya I Ketut Martha, sampai kemudian Putu Gede Seinada dilantik jadi pejabat definitif hasil mutasi, Senin kemarin.

Sebaliknya, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM sebelumnya lowong pasca ditinggal pensiun I Made Witna, sampai akhirnya Wayan Weda Dharmaja dilantik jadi pejabat definitif hasilk mutasi.

Sebelum dilakukan mutasi 4 pejabat Eselon IIb, Senin kemarin, di Pemkab Badung sedang dilakukan proses lelang 11 jabatan Eselon IIb. Termasuk lelang jabatan Kadis PMD Badung (yang sebelum mutasi kemarin masih diduduki I Putu Gede Sridana, Kadis Kesehatan Badung (yang sebelum murasi kemarin masih diduduki dr I Gede Putra Suteja), Kadis Kominfo Badung (yang sebelum mutasi kemarin masih diduduki Wayan Weda Dharmaja), dan Kadis LHK Badung (yang sebelum mutasi kemarin masih diduduki Putu Eka Merthawan).

Sementara itu, Bupati Giri Prasta mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan struktural dan fungsional kemarin telah melalui proses pembahasan yang cukup panjang, berdasarkan atas kebutuhan organisasi. Bupati mengaku tahui betul bahwa dalam 6 bulan sebelum penetapan di KPU, calon petahana di Pilkada Badung 2020 tidak boleh melakukan mutasi.

“Proses mutasi ini akan kita lakukan hingga 7 Januari 2020 mendatang. Apabila mutasi dilakukan di atas 7 Januari 2020, harus mendapatkan rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), agar kami tidak melanggar,” ujar Giri Prasta yang kembali akan maju sebagai Calon Bupati Badung ke Pilkada, 23 September 2020. *asa

loading...

Komentar