nusabali

Ribuan Koleksi Museum Bali Didigitalisasi

  • www.nusabali.com-ribuan-koleksi-museum-bali-didigitalisasi

Informasi dasar sudah bisa diakses secara digital, namun jika ingin mengetahui lebih detail, maka pengunjung dipersilakan datang ke museum.

DENPASAR, NusaBali.com
Museum Bali secara bertahap melakukan digitalisasi ribuan koleksinya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan wisatawan mendapatkan informasi seputar koleksi museum. Ada sekitar 6.000 koleksi yang sudah melalui proses digitalisasi dari jumlah 14.542 koleksi di Museum Bali.

Data ribuan koleksi tersebut saat ini sudah bisa diakses pengunjung melalui perangkat komputer yang disiapkan di area museum yang terletak di pusat Ibu Kota Provinsi itu. Selama proses digitalisasi melewati proses panjang identifikasi melalui penelitian dan pengkajian mengenai jenis karya, siapa penciptanya, apa karakternya, termasuk kategori sakral atau tidaknya.

"Dengan digitalisasi ini, ada pengamanan data yang solid tentang koleksi Museum Bali yang selama ini mungkin masih samar," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan ‘Kun’ Adnyana, Jumat (20/12/2019). Ia menambahkan tahun ini koleksi yang sudah digitalisasi masih bersifat offline atau hanya bisa diakses ketika sedang berada di museum. Namun pihaknya merancang tahun depan sistem online atau dalam jaringan, yang bisa diakses pengunjung melalui android. 


Meskipun dirancang sistem digital, Kun Adnyana menegaskan tidak semua informasi koleksi bisa didapatkan publik melalui smartphone. "Yang ditampilkan hanya identifikasi dasar. Jika pengunjung ingin tahu detailnya, tentu harus tetap datang langsung ke Museum Bali," sambung dia.

Melalui sistem online, ia juga berharap pengunjung yang datang ke Museum Bali akan semakin banyak. Kun Adnyana menganggap, digitalisasi koleksi museum merupakan langkah yang tepat pengelolaan koleksi. "Publik nantinya dapat lebih mengetahui seberapa besar kekayaan kebudayaan Bali," ujarnya.

Koleksi Museum Bali, menurut Kun Adnyana merupakan mahakarya leluhur Bali yang menunjukkan sejarah panjang dari keberadaan Bali. "Mulai dari sejarah pemikiran para leluhur, sistem pengetahuannya, sistem kepercayaan, teknologi tradisional dan sebagainya," paparnya. Dari total jumlah koleksi Museum Bali sebanyak 14.542 buah, klasifikasinya terdiri dari biologika, historika, lukisan, dan filologika.*has

loading...

Komentar