nusabali

Dieliminasi, 1.707 Pelamar CPNS Kemenkumham Bali

  • www.nusabali.com-dieliminasi-1707-pelamar-cpns-kemenkumham-bali

Dari 7.146 orang pendaftar, sebanyak 5.439 pelamar (termasuk dua peserta disabilitas), melewati tahap verifikasi berkas asli dan tinggi badan yang dipersyaratkan.

DENPASAR, NusaBali.com
Proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Bali memasuki tahap verifikasi berkas asli. Pada tahap ini juga dilakukan pengukuran tinggi badan yang diikuti ribuan peserta di Gedung Pertemuan Wira Sayta, Denpasar, Senin (16/12/2019).

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Sutrisno ada 1.707 pelamar yang tidak lolos verifikasi seleksi administrasi CPNS 2019 secara online. "Jumlah pelamar di awal ada 7.146 orang, yang lolos untuk ikut seleksi verifikasi berkas asli dan pengukuran tinggi badan ada 5.439 termasuk dua peserta disabilitas," jelasnya. Untuk tinggi badan pria disyaratkan minimal 160 cm dan untuk wanita 155 cm.

Ribuan peserta tersebut berebut untuk mengisi sejumlah formasi di Kanwil Kemenkumham Bali. "Formasi penjaga tahanan wanita dibutuhkan 6 orang dan pria 55 orang. Jumlah pendaftar untuk penjaga tahanan wanita sebanyak 1.579 peserta dan pendaftar untuk penjaga tahanan pria sebanyak 3.059 peserta," paparnya.


Sedangkan formasi untuk petugas pemeriksa keimigrasian dibutuhkan satu wanita dan tujuh pria, sedangkan jumlah pendaftarnya 1.362 untuk wanita dan 1.447 untuk pria. "Jadi jumlah yang dibutuhkan ada 83 orang," katanya. Ia menambahkan pendaftar dengan lulusan sarjana tercatat sebanyak 14 orang dan untuk SLTA ada 69 orang.

Seleksi pemeriksaan berkas asli dan pengukuran tinggi badan ini akan digelar selama lima hari hingga Jumat (20/12/2019). "Hari ini peserta yang kami panggil yang dipanggil sejumlah 1.110 orang, dan dilanjutkan besok hingga Jumat," sambungnya.

Pada seleksi ini Kanwil Kemenkumham Bali mengarahkan sekitar 150 staf untuk menjadi panitia. Baik pada pemeriksaan berkas, dan pengukuran tinggi peserta. Peserta yang lolos berikutnya akan mengukuti Computer Assisted Test (CAT) Januari 2020 mendatang.

"Di tes CAT nanti begitu peserta selesai akan langsung tahu hasilnya. Dalam pelaksanaan CAT ini, kami bekerjasama dengan Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara (BKN)," katanya. Selanjutnya peserta yang lolos akan lanjut ke tahap Kesamaptaan. Pelaksanaan tahap ini Kanwil Kemenkumham Bali akan bekerja sama dengan program Kader Bela Negara yaitu di Rindam IX/Udayana.*has

Komentar