nusabali

Bupati Bangli Didesak Percepat Mutasi

  • www.nusabali.com-bupati-bangli-didesak-percepat-mutasi

Kadis Perindag, Kadis Kominfo, dan Kepala BKPAD akan pensiun.

BANGLI, NusaBali

Bupati Bangli I Made Gianyar dikabarkan akan menggelar mutasi pada Kamis (22/11) besok. Anggota DPRD Bangli pun mendesak bupati secepatnya menggelar mutasi. Sebab banyak jabatan asisten, kepala dinas, dan kepala bagian yang lowong. Apalagi dalam waktu dekat, sejumlah kepala dinas memasuki masa pensiun. Rangkap jabatan dinilai tidak akan optimal sehingga bupati didesak memutar gerbong mutasi secepatnya.

Anggota DPRD Bangli, Dewa Suamba Adnyana mengatakan, pengisian jabatan yang lowong dengan pejabat pelaksana tugas (Plt) dipastikan tidak maksimal. Sebab pejabat rangkap jabatan kurang fokus dalam melaksanakan tugas. “Satu pejabat memegang dua tanggungjawab pasti berpengaruh terhadap kinerja. Konsentrasi mereka terpecah dalam menjalankan tugasnya,” ungkap Dewa Suamba Adnyana, Selasa (26/11). Dia pun menyemangati bupati untuk segera menggelar mutasi yang beberapa kali sempat tertunda.

Meskipun untuk pengisian jabatan, khususnya eselon II telah melalui fit and proper test, Dewa Suamba Adnyana meminta penempatan pejabat harus profesional berdasarkan kompentensi. “Jangan sampai kompetensinya di bidang pertanian justru ditempatkan di dinas pendidikan, jadinya tidak nyambung,” kritiknya. Khusus pejabat di OPD penghasil pendapatan asli daerah (PAD) agar terpilih orang-orang penih inovasi. “Mereka harus memiliki visi dan punya cara menggali potensi daerah dan mengembangkan potensi yang ada. Tak boleh hanya melanjutkan warisan pejabat sebelumnya,” pintanya.

Sayang Bupati Bangli I Made Gianyar belum bisa dikonfirmasi terkait kasak-kusuk ASN yang menyebut mutasi digelar Kamis besok. Sementara Sekda Bangli Ida Bagus Gede Giri Putra menyebut bupati segera menggelar mutasi. Hanya saja untuk hari dan tanggalnya tidak diketahui secara pasti. Jabatan yang lowong yakni Asisten II, Asisten III, dua staf ahli, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Kepala Dinas Pol PP dan Pemadam Kebakaran, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Anak dan Perempuan, serta Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan.

Dalam waktu dekat akan pensiun Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD), serta Kepala Dinas Kominfo. Terkait molornya mutasi di Bangli, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sampai turun tangan. Dua kali KASN turun ke Bangli dan telah mengeluarkan rekomendasi agar Bupati Bangli segera menggelar mutasi. Bupati diberi tenggat waktu hingga tanggal 8 Januari 2020 untuk melaksanakan kocok ulang jabatan. *esa

loading...

Komentar